Home » Alutsita Canggih » Serbia Terima Empat MiG-29 dari Belarusia

Serbia Terima Empat MiG-29 dari Belarusia

Jet tempur MiG-29 Angkatan Udara Serbia © Krasimir Grozev via Wikimedia Commons

Serbia menerima empat pesawat tempur MiG-29 buatan Rusia dari Belarus pada hari Senin, kata Kementerian Pertahanan. Pembelian persenjataan ini dapat meningkatkan ketegangan di Balkan dan menjadikan semakin kuatnya pengaruh Moskow terhadap Serbia.

Menteri Pertahanan Serbia Aleksandar Vulin menghadiri upacara di pangkalan Angkatan Udara di Belarus, dan mengatakan pengiriman pesawat tempur ini menjadikan “Angkatan Udara Serbia lebih kuat dalam beberapa dekade.”

Serbia baru-baru ini juga menerima enam jet tempur MiG-29 dari Rusia, yang juga menjanjikan pengiriman 60 kendaraan lapis baja, sistem pertahanan udara, dan helikopter tempur dan heli transportasi.

Serbia, sekutu Rusia, berperang dengan Kroasia, Bosnia dan Kosovo pada tahun 1990-an selama perang berdarah saat pecahnya Yugoslavia. Militernya, terutama angkatan udara, tersapu habis pada tahun 1999 selama perang udara NATO yang menghentikan tindakan keras berdarah terhadap separatis Albania Kosovo.

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia pada 2008, yang belum diakui oleh Beograd. Vulin juga mengatakan empat jet tempur MiG-29 lainnya juga perlu dimodernisasi, sehingga nantinya Serbia akan memiliki 14 unit MiG-29 yang beroperasi.

“Langit di atas Serbia akan aman, bebas dan mandiri,” kata Vulin, seorang politisi pro-Rusia yang setia.

Serbia menghadapi perlombaan senjata dengan Kroasia yang merupakan anggota NATO. Kroasia baru-baru ini gagal membeli 12 pesawat tempur F-16 bekas dari Israel setelah kesepakatannya mendapat tentangan dari Washington.

Serbia secara resmi ingin bergabung dengan Uni Eropa, namaun mendapat tekanan politik dan propaganda dari Moskow. Dimana Kremlin terus berusaha menjaga negara-negara di kawasan tersebut terbebas dari pengaruh NATO.