Rusia Akan Jadikan Su-30SM Setara Su-35

Jet tempur Sukhoi Su-30SM yang bermarkas di wilayah Rostov. © Kemhan Rusia (mil.ru) via Wikimedia Commons

Rusia akan menjadikan Su-30SM menjadi pesawat tempur generasi 4.5 dan menjadi setara dengan Su-35.

Su-30SM akan mendapatkan perangkat elektronik dan persenjataan seperti pesawat tempur Su-35 untuk menghemat biaya dan memberikan “Roh” baru bagi pesawat tempur Su-30SM.

Hal tersebut dinyatakan oleh Wakil Perdana Menteri Rusia Yuri Borisov kepada wartawan, Selasa. “Setelah menyelesaikan pengerjaan peningkatan pada Su-30SM, mengubah tata letak peralatan radio-elektronik untuk menjadikannya (setara) Su-35. Dan Su-30SM menjadi lebih terstandarisasi dan dengan demikian dapat memangkas biaya, dan juga memiliki persenjataan yang sama, dan dapat memberikan kehidupan baru ke dalam pesawat, “kata Wakil Perdana Menteri.

Pesawat Su-30SM yang sudah mendapatkan upgrade tinggi dapat membuka ceruk pasar baru untuk Rusia di India, katanya.

“Menimbang bahwa ada sekitar 200 pesawat seperti itu di India (Su-30MKI) sebuah peluang mungkin akan terbuka untuk memodernisasi armada ini untuk memperpanjang masa operasionalnya,” jelas Wakil Perdana Menteri.

Di bawah program diversifikasi Rusia dan di tengah penurunan dari rencana pembelian peralatan pertahanan, perusahaan pertahanan Rusia harus mengalihkan fokus perusahaannya ke pemeliharaan dan peningkatan siklus hidup pesawat tempur yang sudah ada.

Pesawat tempur Su-30SM yang diupgrade akan mendapatkan mesin AL-41F-1S seperti yang terpasang pada pesawat tempur Su-35, dan juga pada Januari 2019 Su-30SM yang modern diharapkan akan selesai menjalani uji coba sebelum akhir tahun 2019, lapor TASS.

Su-30SM sedang diupgrade oleh Irkut Aircraft Corporation dan Biro Desain Sukhoi dengan melibatkan perusahaan-perusahaan pertahanan Rusia terkemuka. Upgrade akan meningkatkan kemampuan tempur Su-30SM.

Upgrade akan meningkatkan jangkauan deteksi dan mengidentifikasi target udara dan memberikan Su-30SM persenjataan presisi baru untuk menghancurkan target udara, darat dan laut pada jarak beberapa ratus kilometer.

Su-30SM adalah pesawat tempur berat supermanuver yang dilengkapi dengan radar phased array dan sayap canard. Su-30SM dilengkapi dengan mesin AL-31FP yang merupakan mesin mutakhir dari turunan mesin AL-31F pada Su-27. Hal ini dibedakan dari sistem daya dorong vectoring dan umur mesin yang lebih panjang.

Sedangkan Su-35 adalah jet tempur super-manuver generasi 4 + + multirole buatan Rusia yang dilengkapi dengan radar phased arra dan mesin dengan daya dorong yang dapat dikendalikan. Su-35 dilengkapi dengan mesin AL-41F-1S, yang memungkinkannya mengembangkan kecepatan supersonik tanpa afterburner.

TASS