Industri Rusia, Meniupkan “Nafas Baru” ke Su-30SM

Jet tempur multiperan Su-30 buatan Rusia. © Alex Beltyukov via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Jet tempur Sukhoi Su-30SM, akan distandarisasi setara jet tempur generasi 4++ Su-35 dengan peralatan serta persenjataannya untuk memotong besar biaya dan meniupkan “nafas baru” ke dalam pesawat itu, kata Wakil Perdana Menteri Rusia Yuri Borisov kepada wartawan pada hari Selasa, seperti dilansir dari TASS.

“Setelah menyelesaikan upgrade Su-30SM, mengubah tata letak peralatan radio-elektronik onboard untuk menjadikan Su-35 dan Su-30SM lebih terstandarisasi dan dengan demikian memangkas biaya, serta menstandarisasi sistem senjata udara, ini dapat menghembuskan nafas baru ke dalam pesawat”, kata wakil perdana menteri.

Jet tempur Su-30SM yang sangat ditingkatkan dapat membuka ceruk baru untuk Rusia di India, katanya.

Jet tempur multiperan Su-30MKI Flanker-H © USAF via Wikimedia Commons

“Menimbang bahwa ada sekitar 200 pesawat seperti itu di India [Su-30MKI sebagai versi dasar dari Su-30SM], sebuah peluang baru mungkin akan terbuka untuk memodernisasi armada ini untuk memperpanjang umur layanannya”, jelas wakil perdana menteri.

Di bawah program diversifikasi Rusia dan di tengah volume yang menurun dari rencana pengadaan pertahanan, perusahaan pertahanan domestik harus dapat mengalihkan fokus mereka ke pemeliharaan dan peningkatan siklus hidup, menurut catatan Borisov.

“Adalah perlu untuk bergerak menuju diversifikasi dan mendapatkan pijakan di pasar sipil. Inilah yang harus kami lakukan di bawah proyek nasional dan sebagai bagian dari program investasi perusahaan bahan bakar dan energi kami”, kata wakil perdana menteri.

TASS pada bulan September 2018 melaporkan bahwa selama modernisasi, para pejuang Su-30SM juga akan mendapatkan mesin AL-41F-1S yang terpasang pada pesawat Su-35. Juga dilaporkan pada Januari 2019 bahwa uji coba jet tempur multirole Su-30SM yang modern diharapkan akan selesai sebelum akhir 2019.

Jet tempur multiperan Su-30SM Angkatan Udara Rusia © Kemhan Rusia via Wikimedia Commons

Upgrade Su-30SM

Su-30SM sedang ditingkatkan oleh Irkut Aircraft Corporation dan Biro Desain Sukhoi atas pesanan Kementerian Pertahanan Rusia dengan ikut melibatkan perusahaan-perusahaan pertahanan Rusia terkemuka.

Peningkatan tersebut meningkatkan kemampuan tempur pejuang seperti jangkauan deteksi dan identifikasi target udara dan memberikan pesawat dengan senjata presisi baru untuk target udara, darat dan laut pada jarak beberapa ratus kilometer.

Su-35 adalah jet tempur super-manuver multiperan generasi 4++ buatan Rusia, dilengkapi dengan radar array bertahap dan pendorong yang dapat dikendalikan. Pesawat tempur ini dilengkapi dengan mesin AL-41F-1S, yang memungkinkannya mengembangkan kecepatan supersonik tanpa memerlukan dorongan afterburner.

Mesin turbojet AL-41F-1 eksperimental melakukan fungsi powerplant tahap pertama untuk pesawat tempur generasi kelima Su-57 (PAK FA).