India Konfirmasi MiG-21 Hancur Saat Melawan Jet Tempur Pakistan

Puing-puing jet tempur MiG-21 India yang tertembak jatuh di Pakistan © Farooq Khan via Flight Global

JakartaGreater.com – Kementerian luar negeri India telah mengkonfirmasi bahwa salah satu jet tempur Mikoyan MiG-21 milik Angkatan Udara India telah tertembak jatuh di tengah meningkatnya ketegangan dengan negara tetangganya, Pakistan, seperti dilansir dari laman Flight Global.

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi, seorang pejabat kementerian luar negeri India mengatakan bahwa militer Pakistan telah meluncurkan serangan ke wilayah udara India “menargetkan instalasi militer” di wilayah Kashmir yang disengketakan, 27 Februari.

https://platform.twitter.com/widgets.js

“Namun karena tingkat kesiapan dan kewaspadaan yang tinggi, upaya Pakistan berhasil digagalkan. Angkatan Udara Pakistan terdeteksi dan Angkatan Udara India segera merespons”, katanya.

Selama pertarungan udara yang diikuti, satu pesawat dari masing-masing angkatan udara telah tertembak jatuh, lanjut pejabat itu.

“Pesawat tempur Pakistan terlihat oleh angkatan darat India jatuh dari langit di sisi [perbatasan] Pakistan”, terangnya.

Pakistan mengklaim telah menangkap pilot India – diidentifikasi di media sosial sebagai Komandan Wing Abhi Nandan – dan juga mengklaim telah menembak jatuh jet tempur lain milik Angkatan Udara India.

New Delhi “masih memastikan fakta” dalam hal ini, kata pejabat kementerian luar negeri India.

Tindakan Islamabad adalah pembalasan atas serangan udara yang dilakukan pada hari sebelumnya oleh India terhadap kamp pelatihan yang diduga militan di sisi perbatasan Pakistan.