Norwegia Rilis Daftar Akuisisi Pertahanan Hingga 2026

Sistem pertahanan udara berbasis darat, NASAMS © Konsberg

JakartaGreater.com – Dalam sebuah dokumen yang diterbitkan Kementerian Pertahanan Norwegia, itu memberikan gambaran umum tentang akuisisi dimasa depan untuk Sektor Pertahanan Norwegia pada periode 2019 – 2026.

Proses perencanaan jangka panjang tersebut menguraikan pengembangan berkelanjutan di Sektor Pertahanan Norwegia sehubungan dengan organisasi, infrastruktur (garnisun dan pangkalan), personel (jumlah, komposisi dan kualifikasi) dan material (peralatan yang ada dan akuisisi baru). Proses pengadaan dilakukan dibawah arahan Kementerian Pertahanan (MoD) Kerajaan Norwegia.

Laporan lengkap yang berisi 34 halaman dapat anda temukan disini.

Rencana Materiel Jangka Panjang ini mencakup dasar untuk semua pengadaan material dalam jangka pendek (4 tahun), jangka menengah (8 tahun) dan perspektif jangka panjang (20 tahun). Setiap tahun, rencana tersebut diperbarui, untuk mencerminkan pembaruan berdasarkan perubahan persyaratan, sumber daya yang tersedia, serta kemajuan dalam akuisisi yang sedang berlangsung.

Pemerintah mengakui peran vital yang dimainkan industri pertahanan dalam mendukung kemampuan Angkatan Bersenjata. Peran yang berkisar dari penyediaan dan pemeliharaan peralatan militer hingga pengiriman berbagai layanan pendukung.

Jet tempur siluman F-35 Angkatan Udara Norwegia

Strategi nasional Pemerintah untuk industri pertahanan baru-baru ini telah direvisi, dan disajikan sebagai Buku Putih terbaru untuk Parlemen (Meld. St. 9 (2015-2016) Nasjonal forsvarsindustriell strategi) dan itu mencakup hubungan antara Sektor Pertahanan dan industri pertahanan.

Alasan utama untuk menyajikan Buku Putih yang diperbarui adalah perkembangan dalam bidang keamanan selama beberapa tahun terakhir, perubahan pada pasar pertahanan baik secara nasional maupun internasional, perubahan dalam syarat dan ketentuan, pengenalan arahan pengadaan pertahanan dan keamanan Uni Eropa, di samping itu termasuk untuk meningkatkan fokus pada kesiapan dan keamanan pasokan.

Buku Putih terbaru berfokus pada kepentingan keamanan nasional dan keamanan pasokan sebagai dasar bagi kebijakan dan strategi baru. Kebijakan ini akan terus mempertahankan dan mengembangkan industri pertahanan Norwegia berdaya saing internasional di bidang-bidang yang relevan untuk Sektor Pertahanan Norwegia.

Industri pertahanan Norwegia telah berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, pengembangan teknologi dan industri, pendapatan terkait ekspor dan pekerjaan terkait teknologi tinggi. Tujuan dari strategi ini adalah untuk mengamankan kerja sama yang baik antar sektor pertahanan dan industri pertahanan berdasarkan pada kebutuhan sektor akan pengiriman peralatan dan layanan pertahanan yang hemat biaya.

Ilustrasi: Jet tempur F-16 Norwegia dilengkapi sniper pod. © Jerry Gunner via Wikimedia Commons

Strategi ini menyiratkan bahwa Norwegia semakin harus bekerjasama dengan negara lain dalam pengadaan pertahanan. Strategi ini juga akan berkontribusi terhadap kemampuan prediksi yang diperlukan untuk perusahaan ekspor Norwegia. Pemerintah menjunjung tinggi program dukungan pemerintah untuk pemasaran dan kerjasama industri.

Fitur utama dalam pembaruan tahunan Rencana Materiel Jangka Panjang tersebut adalah persiapan dan publikasi ikhtisar yang tidak terklasifikasi dari persyaratan material jangka panjang. Publikasi ini tidak memeriksa setiap proyek yang direncanakan secara rinci tetapi menciptakan peluang untuk diskusi mendalam antara Sektor Pertahanan dan industri.

Dengan cara tersebut, industri bisa mendapatkan wawasan awal tentang potensi investasi material. Tujuannya adalah untuk mempertahankan perusahaan yang sangat terampil yang secara individu atau bekerjasama dengan yang lain, dapat mendukung kebutuhan Sektor Pertahanan. Memiliki industri yang terbukti dan sangat terampil juga mendasar untuk dapat bersaing di pasar pertahanan internasional yang dalam banyak hal tetap tertutup.

Proyek-proyek investasi material akan tunduk kepada keputusan serta persetujuan oleh Kementerian Pertahanan dan Parlemen Norwegia.

Proyek-proyek yang tercantum dalam publikasi tersebut belum disetujui untuk dapat di implementasikan. Ditekankan bahwa proyek apa pun yang belum disetujui secara formal selanjutnya dapat dihentikan atau diubah tanpa penjelasan atau pertanggungjawaban lebih lanjut.