Pakistan Klaim Berhasil Deteksi dan Halau Kapal Selam India


Periskop kapal selam India

JakartaGreater.com – Angkatan Laut Pakistan pada hari Selasa mengatakan telah berhasil mendeteksi dan mengusir sebuah kapal selam India yang memasuki perairannya.

Angkatan Laut Pakistan mengklaim bisa saja menghancurkan kapal selam India tetapi memutuskan untuk tidak melakukannya demi menjaga perdamaian. Pakistan hanya memberi peringatan yang “dikomunikasikan” dengan kapal selam India yang kemudian menjauh dari perairan Pakistan.

Angkatan Laut Pakistan juga membagikan video kapal selam itu, yang mengatakannya sebagai tindakan provokatif terhadap Pakistan. Namun Angkatan Laut Pakistan tidak mengklarifikasi lokasi kejadian tersebut, apakah sudah melewati batas teritori 12 mil laut, ataukah berada di zona ekonomi eksklusif 200 mil laut yang lebih luas.

Dipihak lain Angkatan Laut India menyatakan masih mempelajari kebenaran video itu. Menurut India video itu kemungkinan merupakan kejadian lama dan merupakan propaganda Pakistan, dan India tidak membuat pernyataan lebih lanjut.

Pakistan mengatakan pertemuan dengan kapal selam India itu adalah insiden pertama sejak tahun 2016, saat itu Pakistan mengatakan juga mengusir kapal selam India agar menjauh dari perairannya.

Saat ini ketegangan antara India dan Pakistan masih tetap tinggi. Militer di kedua belah pihak masih dalam tingkat siaga tinggi, dan beberapa negara lain berupaya untuk mencegah India dan Pakistan terlibat dalam konflik bersenjata lebih jauh.

Kedua negara telah berperang sebanyak tiga kali di wilayah Kashmir pada tahun 1947, 1965, dan 1999. Kashmir terbagi antara India dan Pakistan sejak kedua negara memperoleh kemerdekaan dari kekuasaan Inggris pada tahun 1947. Kedua negara mengklaim wilayah Kashmir secara keseluruhan sebagai wilayahnya.

Sharing

Tinggalkan komentar