UJICOBA CHAFF AND FLARE DI LANUD RSN

Pelaksanaan uji coba penggunaan Chaff and Flare pada dua unit pesawat tempur Hawk 100/200 Skadron Udara 12 Lanud Rsn dan dua unit pesawat tempur F-16 Skadron Udara 3, Lanud Iwy berjalan dengan sukses dan aman. Hal ini bisa terlihat pada saat empat pesawat tempur kebanggaan TNI Angkatan Udara tersebut sukses merilis Chaff and Flare yang terpasang dibagian belakang pesawat (Exhaust), Rabu (17/9). Ujicoba ini turut dipantau langsung oleh Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis dan Paban II Sopsau, Kolonel Pnb Anang Nurhadi serta Kasubdis Alpernika Diskomlekau, Kolonel Lek Arief Joko Setiawan.

Pada ujicoba pertama terlihat  pesawat Hawk 200 yang dipiloti oleh Danskadron Udara 12, Letkol Pnb  Reka Budiarsa dan pesawat Hawk 100 yang dipiloti oleh Mayor Pnb Akbar dan Mayor Penerbang Amry Taufanny melintas diatas Apron Skadron Udara 12 pada ketinggian lebih kurang 700 Feet mengeluarkan panas berbentuk butiran api dan sejumlah serbuk putih dari bagian belakang pesawat (Exhaust). Hal yang sama juga terlihat saat dua pesawat F-16 yang dipiloti oleh Letkol Pnb Firman Dwi Cahyono dan Lettu Pnb Eri Nasrul Mahlidar saat merilis sejumlah Chaff and Flare.

Selain para penerbang Skadron Udara 12 dan Skadron Udara 3, ujicoba Chaff and Flare ini turut diikuti dua penerbang dari Skadron Udara 1 Lanud Supadio yakni, Danskadron Udara 1, Letkol Pnb Sidik Setiyono dan Mayor Pnb M. Amry Taufanny. (roesminnurjadin.com)

SATU FLIGHT F-16 BERTOLAK DARI LANUD RSN

Satu Flight pesawat F-16 dengan Call Sign “Falcon Flight” kembali ke hombase-nya Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi setelah melaksanakan ujicoba Chaff and Flare dan ujicoba P-5 POT ACMI yang dilaksanakan di Lanud Roesmin Nurjadin, pada kesempatan tersebut Danlanud Rsn Kolonel Pnb M. Khairil Lubis turut melepas keberangkatan F-16, Sabtu (20/9).

Ferry Flight dua pesawat F-16 dengan Tail Number TS 1608 yang dipiloti oleh Letkol Pnb Firman dan TS 1609 yang dipiloti Kapten Pnb Anwar ini menempuh route dari Lanud Rsn langsung menuju Lanud Iswahyudi Madiun.

Sementara untuk Crew dan peralatan pendukung selama berada di Lanud Rsn “Pool Out” menggunakan dua pesawat Hercules dengan Tail Number A-1316 dan A-1327. (roesminnurjadin.com).

Leave a Comment