Home » Alutsita Canggih » Angkatan Udara India Bersiaga Setelah Dua Jet Pakistan Terbang Dekat Perbatasan

Angkatan Udara India Bersiaga Setelah Dua Jet Pakistan Terbang Dekat Perbatasan

A formation of No.16 Sqn JF-17s. In April 2011, No.16 MR Sqn became second squadron to be equipped with JF-17 Thunder. © http://www.PAFwallpapers.com

JakartaGreater.com – Selama beberapa minggu terakhir, Angkatan Udara India berulang kali melaporkan menjatuhkan drone Pakistan yang diduga menginvasi wilayah udara India dalam apa yang New Delhi anggap sebagai misi pengintaian, seperti dilansir dari Sputnik.

Angkatan Udara India (IAF) telah siaga satu setelah dua jet Pakistan terdeteksi terbang 10 kilometer dari Line of Control (LoC), di dekat sektor Poonch di Jammu dan Kashmir pada malam 12 Maret, menurut ANI News. Jet-jet tempur itu kemudian terlihat melaju dengan kecepatan supersonik dan terbang menjauh, tambah agensi berita itu.

Laporan itu tidak menyebutkan secara spesifik jenis jet yang diterbangkan oleh Pakistan. Baik New Delhi, maupun Islamabad tidak mengomentari tentang masalah ini.

Episode itu terjadi setelah beberapa minggu ketegangan antara kedua negara, dengan IAF melaporkan telah menjatuhkan beberapa pesawat tanpa awak Pakistan yang mengganggu wilayah udara India.

Jet tempur multiperan Su-30MKI Flanker-H Angkatan Udara India. © USAF via Wikimedia Commons

Penurunan dalam hubungan bilateral dimulai setelah India melakukan serangan udara di sebuah kamp yang diduga milik kelompok teroris Jaish-e-Mohammed (JeM) pada wilayah Pakistan di akhir Februari. Islamabad telah membantah keberadaan kamp-kamp JeM di wilayahnya dan menyatakan bahwa IAF telah mengebom lereng bukit yang kosong, sambil  menuduh New Delhi melanggar wilayah udara Pakistan dengan aksinya tersebut.

Menanggapi serangan udara India, Angkatan Udara Pakistan menjatuhkan dua jet tempur IAF, dan dilaporkan menangkap pilot mereka, yang menyebabkan eskalasi lebih lanjut. Kemudian, Pakistan melepaskan salah satu pilot pada 1 Maret sebagai “isyarat damai”.