Angkatan Laut Filipina Kini Memiliki Air Wing

Grup Penerbang Angkatan Laut Filipina akan berubah menjadi Air Wing © Angkatan Laut Filipina

JakartaGreater.com – Dengan operasional Angkatan Laut Filipina yang semakin luas dan kemampuan yang terus berkembang, grup udaranya siap untuk ditingkatkan ke status Air Wing, seperti dilansir dari laman Inquirer.net pada hari Senin.

Restrukturisasi Naval Air Group, sejak pertama kali dibentuk 7 dekade lalu, telah menjadi semakin dekat dengan meningkatnya permintaan akan kesadaran dan keahlian situasional maritim di Angkatan Laut Filipina.

“Dengan jangkauan luas Grup Udara Angkatan Laut saat ini, markas besar telah mengakui kapasitasnya untuk ditingkatkan sebagai satu unit. Peningkatan organisasi menjadi Wing Udara Angkatan Laut dipertahankan dihadapan GHB OPB, yakni Kantor Pusat Badan Perencanaan Operasional dan secara kolektif disahkan oleh dewan. Kami sekarang sedang menunggu restu dan acungan jempol dari Kepala Staf dan Angkatan Bersenjata Filipina”, kata komandan Air Group Angkatan Laut Kapten Juario Marayag.

Dia juga mengambil kesempatan untuk menyoroti pentingnya operasi udara angkatan laut dan hasilnya dalam memberikan informasi penting kepada para pengambil keputusan di pemerintahan.

“Sebagai penyedia aset udara angkatan laut. Saya percaya bahwa memiliki kemampuan ini akan memberikan keuntungan yang tak tertandingi bagi para pengambil keputusan di lini depan. Saya tak bisa terlalu menekankan nilai kesadaran situasional maritim sebagai faktor dalam mencapai keamanan maritim kepulauan”, kata Marayag.

Jepang sebelumnya telah menyumbangkan 5 pesawat patroli C-90 kepada Angkatan Laut Filipina. Tiga sudah digunakan untuk patroli maritim dan operasi intelijen, pengawasan dan pengintaian di seluruh negeri, termasuk Scarborough Shoal dan Grup Pulau Kalayaan di Laut Filipina Barat.

Angkatan Laut saat ini juga mengoperasikan lima helikopter AW-109. Dua lagi helikopter anti-kapal selam AW-159 yang baru diharapkan akan diterima pada bulan Mei mendatang.

“Air Group Angkatan Laut memiliki jangkauan yang lebih besar dalam operasi maritim dengan aset terbaru ini. Ini adalah alasan untuk peningkatan organisasi”, kata Marayag dalam pernyataan terpisah.

Dengan struktur Air Wingyang baru, dia mengatakan mereka akan terus melakukan misi untuk mengamankan perairan negara itu dan memastikan bahwa semua kegiatan di laut ditangkap dan dicatat pada saat yang sama, patroli kedaulatan akan menjadi jauh lebih sering dan akan menjangkau cakupan yang lebih luas.

Sharing

Tinggalkan komentar