AS Tidak Ingin Bangun Pangkalan Militer di Slovakia

Jet tempur multiperan F-16 Blok 70/72 Angkatan Udara Slovakia © Lockheed Martin via Kemhan Slovakia

Duta Besar Amerika Serikat di Bratislava, Adam Sterling, mengatakan pada hari Senin bahwa Amerika, yang saat ini sedang merundingkan perjanjian kerja sama pertahanan dengan Slovakia, tidak memiliki niat untuk membangun pangkalan militer di negara Eropa tengah atau secara permanen menempatkan pasukannya di sana.

“Amerika Serikat dan Slovakia sedang merundingkan perjanjian kerja sama pertahanan … Kami tidak berusaha membangun pangkalan militer AS di Slovakia, dan kami tidak sedang menegosiasikan kehadiran permanen pasukan AS di negara Anda [Slovakia],” kata Sterling dalam sebuah video, diterbitkan di akun Twitter resmi Kedutaan Besar AS.


Menurut duta besar, perjanjian itu akan memungkinkan Amerika Serikat berinvestasi dalam infrastruktur militer Slovakia, yang katanya akan “mendukung keamanan Slovakia dan semua sekutu NATO kami.”

“Investasi semacam itu juga kemungkinan akan mengarah pada kontrak untuk perusahaan Slovakia dan pekerjaan yang baik untuk pekerja Slovakia,” tambahnya.

Pekan lalu, Kementerian Pertahanan Slovakia mengumumkan tidak akan lagi berpartisipasi dalam negosiasi mengenai bantuan keuangan sebagai bagian dari perjanjian kerja sama pertahanan dengan Amerika Serikat untuk memodernisasi dua bandara militer Slovakia.

Surat kabar Slovak Spectator melaporkan, mengutip juru bicara Kementerian Pertahanan, bahwa kedaulatan Slovakia mungkin “terancam” jika kondisi hukum untuk kegiatan angkatan bersenjata asing di Slovakia untuk waktu yang tidak terbatas telah dibuat.

Namun, Kementerian Luar Negeri Slovakia dilaporkan mengatakan Bratislava dan Washington tidak membahas kehadiran permanen tentara AS di Slovakia, yang telah menjadi anggota NATO sejak 2004.

Sumber: Sputnik News

Sharing

Tinggalkan komentar