Pakistan Berikan Bukti Bila F-16 Tak Mungkin Ditembak MiG-21 India

Jet tempur MiG-21 Bison Angkatan Udara India (IAF) © Indian Air Force

JakartaGreater.com – Dengan bukti yang telah diserahkan oleh Departemen Pertahanan Pakistan, India kini tak mungkin membuktikan bahwa MiG-21 Bisonnya menembak jatuh F-16, seperti dilansir dari laman Bao Dat Viet.

Kontroversi hasil pertempuran udara di garis kendali (LoC) antara Angkatan Udara India (IAF) dan Angkatan Udara Pakistan (PAF) yang terjadi pada 27 Februari lalu masih belum berakhir ketika New Delhi dan Islamabad menyatakan klaim telah saling menembak jatuh pesawat musuh.

Dari pihak PAF, mereka memberikan bukti-bukti yang cukup untuk mengkonfirmasi apa yang mereka katakan, salah satunya menangkap pilot MiG-21 Bison IAF, Letnan Kolonel Abhinandan Varthaman yang jatuh di dataran tinggi Kashmir yang dikuasai Pakistan.

Jet tempur F-16D Fighting Falcon Blok 52+ Angkatan Udara Pakistan © US Air Force via Wikimedia Commons

Di sisi lain, IAF mengatakan bahwa sebelum MiG-21 Bison ditembak jatuh, Letnan Kolonel Abhinandan Varthaman juga menembak jatuh sebuah “F-16 Pakistan” dengan rudal udara-ke-udara jarak pendek R-73, akan tetapi India tidak dapat menunjukkan gambar atau apa pun yang dapat dijadikan sebagai buktinya.

Angkatan Udara Pakistan sejak awal telah membantah apa yang telah di klaim oleh para pejabat pertahanan India, meskipun baru pada saat konferensi pers mereka meluncurkan bukti-bukti yang membuat New Delhi terpana, yaitu MiG-21 Bison ditembak jatuh tanpa sempat menembakkan rudal.

Dari reruntuhan MiG-21 Bison India yang ditembak jatuh, Angkatan Darat Pakistan telah menemukan dengan lengkap 4 buah rudal udara-ke-udara yang dibawa oleh pejuang ini, yakni 2 rudal R-73 bersama dengan 2 rudal R-77.

Rudal udara-ke-udara R-73 dan R-77 yang ditemukan dari reruntuhan MiG-21 Bison India yang ditembak jatuh Pakistan © Bao Dat Viet

Jumlah rudal tersebut sama persis dengan jumlah maksimum rudal yang dapat digotong oleh MiG-21 Bison dalam misi pertahanan udara, yaitu 2 rudal R-73 di ujung sayap dan rudal R-77 di rak bagian dalam.

blank
Rudal udara-ke-udara R-73 dan R-77 yang ditemukan dari reruntuhan MiG-21 Bison India yang ditembak Pakistan © Fighter Jet’s World

Hingga saat ini Kementerian Pertahanan India belum mengomentari terhadap informasi yang telah diberikan Pakistan kepada media, tetapi akan sulit bagi New Delhi untuk dapat membalikkan bendera karena bukti yang disajikan Islamabad sangat meyakinkan.

Karena India mengklaim berhasil menembak jatuh pesawat tempur F-16 Pakistan, banyak yang berpendapat bahwa semua ini hanya “pukulan” dari New Delhi, yang mengetahui bila Amerika Serikat tidak mengizinkan Islamabad untuk menggunakan pesawat tempur itu. F-16 bukan untuk digunakan dalam konflik dengan tetangga tetapi hanya digunakan untuk memerangi terorisme.

Sharing

Tinggalkan komentar