HAL Luncurkan Jet Tempur Tejas ke-16

Sepasang jet tempur ringan (LCA) Tejas buatan India © Rana via HAL India

JakartaGreater.com – Perusahaan dirgantara Hindustan Aeronautics Limited (HAL) yang dikelola oleh pemerintah pada hari Senin mengatakan bahwa pihaknya telah meluncurkan jet tempur ringan (LCA) Tejas ke-16 dalam konfigurasi izin operasional awal (IOC) untuk dimasukkan ke dalam armada Angkatan Udara India (IAF), seperti dilansir dari laman Fighter Jets World.

“Kami telah menghasilkan jet tempur ringan (LCA) ke-16 sesuai target hingga 31 Maret 2019. Penerbangan pelanggan diharapkan selesai pada akhir Maret”, kata juru bicara HAL dalam sebuah pernyataan.

HAL dalam sebuah pernyataan mengatakan bila mereka memiliki pesanan dari Angkatan Udara India (IAF) untuk 40 unit LCA dengan rincian 16 dalam konfigurasi IOC atau Initial Operational Clearance dan 16 dalam konfigurasi Final Operation Clearance atau FOC serta 8 unit dalam konfiguras pesawat latih (kursi tandem) dan LCA ke 16 sesuai target hingga 31 Maret.

Jet tempur LCA Tejas dilantik ke dalam skuadron “Flying Daggers” Angkatan Udara India pada tanggal 1 Juli 2016. “Pesawat pertama dalam konfigurasi FOC dapat diluncurkan di akhir tahun kalender ini (2019)”, kata HAL

Produksi pesawat tempur dimulai pada 2014 dengan kapasitas 8 pesawat per tahun. Lini produksi kedua saat ini telah disiapkan di Aircraft Division, yang melaksanakan perakitan struktural, perakitan akhir dan perlengkapan pesawat.

Video dibawah menunjukkan 10 fakta menarik Tejas lebih baik dibanding F-16 AS.

Sharing

Tinggalkan komentar