Latihan Terbang, AS Kirim Jet F-15 ke Polandia

Jet tempur taktis supersonik F-15X buatan Amerika Serikat © Boeing Company

Pentagon, pada Senin, mengumumkan bahwa militer Amerika Serikat (AS) mengerahkan sekelompok jet tempur taktis F-15 ke Polandia untuk latihan terbang.

“Jet F-15E Strike Eagles Angkatan Udara AS, awak pesawat dan personel pendukung dari Angkatan Udara Kerajaan Lakenheath, Inggris, dikerahkan ke Pangkalan Udara Powdiz, Polandia, untuk berpartisipasi dalam latihan Rapid Panther, 25 Maret,” kata Pentagon dalam sebuah pernyataan.

Latihan ini bertujuan untuk menunjukkan kemampuan Sayap Tempur ke-48 guna meneruskan penyebaran cepat dengan beberapa pesawat dan melaksanakan pelatihan yang relevan dengan militer Polandia.

Pentagon juga mencatat bahwa latihan itu menggarisbawahi komitmen AS terhadap keamanan di kawasan itu dan tidak terkait dengan peristiwa dunia saat ini.

Langkah ini dilakukan setelah pada bulan Mei, Kementerian Pertahanan Polandia menerbitkan sebuah dokumen yang menyatakan bahwa Polandia siap membayar $ 1,5-2 miliar untuk penempatan pangkalan militer AS permanen untuk menjadi tuan rumah bagi divisi lapis baja permanen AS di negara tersebut. Sementara itu, para pejabat AS belum mengkonfirmasi kesiapan mereka untuk mengerahkan pasukan negara dan peralatan militer ke pangkalan yang mengantisipasi pembangunan. Namun, beberapa pasukan AS dikirim ke Polandia awal tahun ini.

Sumber: Sputnik News

Sharing

Tinggalkan komentar