Uji Pertahanan Rudal AS Berhasil Hancurkan ICBM

dok. Uji Operasional rudal Minuteman III Amerika Serikat, 14/5/2018. (photo: Airman Aubree Milks – 30th Space Wing Public Affairs via US DoD)

Badan Pertahanan Rudal Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa Salvos beberapa pencegat darat berhasil menembak jatuh rudal balistik antarbenua dalam sebuah tes. Hal ini merupakan “tonggak” pencapaian pertama kali.

MDA mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Senin bahwa dua pencegat berbasis darat digunakan dalam te, yang pertama digunakan untuk menghancurkan kendaraan masuk kembali ICBM.

Pencegat kedua “kemudian melihat puing-puing yang dihasilkan dan benda-benda yang tersisa, serta tidak menemukan kendaraan masuk kembali lainnya, memilih ‘objek paling mematikan’ berikutnya yang dapat diidentifikasi, dan menemukan bahwa, tepat seperti yang dirancang untuk dilakukan,” kata pernyataan itu.

Sasaran ICBM diluncurkan dari Reagan Test Site di Kwajalein Atoll di Kepulauan Marshall, lebih dari 4.000 mil dari dua pencegat yang diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg, California.

Sensor berbasis ruang, darat dan laut memberikan akuisisi target aktual dan melacak data ke pusat komando dan kontrol selama pengujian. Pencegat kemudian diluncurkan di luar atmosfer Bumi, tempat mereka menghancurkan target.

ICBM didefinisikan memiliki jangkauan lebih dari sekitar 3.400 mil.

“Ini merupakan salvo intersepsi darat pertama dari target ICBM yang kompleks dan representatif ancaman, dan itu merupakan tonggak penting,” kata Direktur Angkatan Udara MDA Letnan Jenderal Samuel Greaves dalam pernyataannya. “Sistem bekerja persis seperti yang dirancang untuk dilakukan, dan hasil tes ini memberikan bukti penggunaan praktis dari doktrin salvo dalam pertahanan rudal.”

Dia menggambarkan sistem pertahanan berbasis darat sebagai “sangat penting” untuk pertahanan daratan Amerika.

MDA melakukan pengujian bekerja sama dengan Komando Komponen Fungsional Gabungan untuk Pertahanan Rudal Terpadu, Komando Utara AS, dan elemen-elemen Komando Antariksa Angkatan Udara AS ke-30, 50, dan 460.

Sumber: Stripes

Sharing

Tinggalkan komentar