MiG-35 Layak Dipertimbangkan India

MiG-35 (foto:United Aircraft Corp)

JakataGreater.com – Untuk menghadapi konfrontasi udara dengan pesawat tempur India, Pakistan akan memodernisasi pesawat tempur JF-17 ke varian Blok 3.

Keunggulan utama JF-17 Blok 3 adalah pada radar Active electronically scanned array (AESA) buatan perusahaan China Aviation Industry Group (AVIC) yang diidentifikasi sebagai radar LKF601E. Memiliki bobot yang sangat ringan, hanya 145 kg dan sangat mudah untuk dipasang pada pesawat tempur JF-17 atau pesawat tempur lainnya.

Menurut perusahaan, radar LKF601E mampu mendeteksi target pesawat tempur ringan pada jarak 170 km, melacak 15 target dan meluncurkan serangan bersamaan pada 4 target yang paling bernilai tinggi.

Radar LKF601E juga dapat memetakan target di permukaan yang berjarak 300 km, mengidentifikasi kapal perang pada jarak 220 km, jangkauan tersebut menjadikan radar JF-17 Blok3 lebih unggul dari MiG-29UPG dan Mirage 2000 India.

Untuk menang menghadapi JF-17 Pakistan, New Delhi mungkin belum bisa menyodorkan pesawat tempur ringan HAL Tejas ke garis depan karena masih belum benar-benar sempurna.

Selain itu, masih belum jelas kenapa Angkatan Udara India (IAF) belum memobilisasi MiG-29UPG dan Su-30MKI ke garis perbatasan kedua negara, karena kedua pesawat tempur ini dinilai mampu menghadapi JF-17 Pakistan ataupun F-16 Pakistan.

Menghadapi situasi ini, langkah yang paling tepat bagi India adalah membeli 126 pesawat tempur MMRCA multiguna yang telah ditangguhkan selama beberapa tahun terakhir untuk digunakan pada situasi yang panas diperbatasan.

Menurut para ahli militer, dua kandidat mungkin dipilih adalah F-21 buatan Lockheed Martin atau MiG-35 Rusia, tetapi pesawat tempur Rusia memiliki peluang yang lebih baik untuk menang dibandingkan F-21 (turunan F-16) yang telah lama dikenal Angkatan Udara Pakistan.

Jika pesawat tempur MiG-35 sudah dimiliki, India akan memiliki pesawat tempur ringan yang sudah dilengkapi dengan radar AESA Zhuk-AE yang setara dengan radar LKF601E pada pesawat JF-17 Blok 3.

Selain itu MiG-35 dapat membawa beban senjata hingga 6 ton, menjadikan daya angkut MiG-35 menyerupai pesawat tempur kelas berat.

Jadi, memilih pesawat tempur ringan MiG-35 mungkin merupakan salah satu pilihan untuk paket MMRCA yang bisa dipertimbangkan India.

Sharing

Tinggalkan komentar