Finalisasi Pembelian MH-60R India Dilakukan Akhir Tahun 2019

Helikopter MH-60R Seahawk Angkatan Laut AS © Kemenhan AS via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Angkatan Laut India (Indian Navy) diperkirakan menandatangani kontrak dengan raksasa kedirgantaraan asal Amerika Serikat, Lockheed Martin untuk 24 MH-60R Seahawk, Oktober tahun ini, seperti dilansir dari laman Financial Express.

Kesepakatan senilai $ 2 miliar di bawah program Penjualan Militer Asing AS, tidak hanya untuk menggantikan armada helikopter Westland Sea King Mk 42B/C dan Kamov Ka-28, tetapi dengan kemampuannya akan membantu melawan agresivitas China di Samudera Hindia.

Setelah kontrak diteken, pengiriman diharapkan dimulai tahun 2020 dan selesai dalam 48 bulan kemudian, mesin ini dirancang untuk beroperasi dari fregat, kapal perusak, kapal jelajah dan kapal induk. India memiliki kebutuhan utama untuk helikopter pemburu anti-kapal selam selama lebih dari satu dekade.

Sumber pejabat tinggi telah mengindikasikan kepada bahwa Letter of Agreement (LOA) diharapkan akan diterima bulan depan dari Pemerintah AS. Perusahaan yang berbasis di AS di mana Vivek Lall, menjadi Wakil Presiden Strategi dan Pengembangan Bisnis, juga diharapkan untuk menawarkan 30 persen offset sebagai bagian dari kontrak ini untuk memungkinkan industri India mengembangkan kemampuan mereka.

Helikopter maritim MH-60R Seahawk Angkatan Laut AS © US Navy via Wikimedia Commons

Pemerintah India pada November lalu mengirim Surat Permintaan kepada Pemerintah AS untuk 24 helikopter Lockheed dengan harga sekitar $ 2 miliar. Menurut sumber, ini adalah salah satu tonggak paling penting dalam perdagangan pertahanan antara India-AS.

Dalam tahun-tahun ini telah terjadi peningkatan dalam hubungan pertahanan, termasuk perdagangan militer antar kedua negara. Pemerintahan Trump membuka perangkat keras militer berteknologi tinggi untuk dijuam memenuhi kebutuhan pertahanan India.

Menurut sumber, Angkatan Laut India setidaknya membutuhkan 123 helikopter. Kontrak akan ditandatangani untuk 24 unit helikopter yang diproduksi di AS dan kemudian pihak India memiliki rencana untuk memproduksi ini secara lokal.

Helikopter MH-60R Seahawk buatan Lockheed Martin yang dianggap sebagai helikopter maritim paling canggih di dunia, saat ini dikerahkan oleh Angkatan Laut AS sebagai sistem anti-kapal permukaan dan anti-kapal selam utama di laut biru dan pesisir.

Sharing

Tinggalkan komentar