Finlandia Pesan Radar Anti-Artileri ke Israel

Sistem radar arti artileri ELM-2311 (foto:IAI.co.il)

JakartaGreater.com – Perusahaan Israel Elta, bagian dari Israel Aerospace Industries Ltd. (IAI) telah menerima kontrak untuk penyediaan radar serbaguna C-MMR. Fungsi utama radar tersebut adalah untuk menunjukkan sumber lokasi musuh yang menembakkan artileri.

Radar-radar akan digunakan terutama untuk mendeteksi dan melacak lokasi artileri, roket dan mortir musuh. Pada saat yang sama, radar juga dapat digunakan untuk mengawasi ruang udara dan mendukung berbagai sistem pertahanan lainnya.

Radar tiga koordinat ELM-2311 beroperasi di S-Band dan menggunakan antena dengan pemindaian Active electronically scanned array (AESA). Radar dapat menentukan di mana proyektil musuh diluncurkan, untuk melacaknya dan memperkirakan titik asal tembakan.

Dengan memiliki radar itu, Finlandia dapat menggunakannya untuk menembakkan artileri ke lokasi baterai artileri musuh.

Radar ELM-2311 adalah bersifat mobile, seluruh rangkaian dapat disematkan pada satu kendaraan. Radar ini sangat berguna untuk mendukung operasi manuver darat yang dapat digunakan untuk berbagai tugas.

Meskipun fungsi dasar dari radar C-MMR di Angkatan Darat Finlandia akan menjadi dukungan artileri dan mungkin memperingatkan pasukan tentang tembakan artileri yang dilepaskan musuh, radar juga digunakan untuk pengawasan ruang udara.

Pengiriman pertama radar ELM-2311 baru akan dilakukan pada tahun 2021.

Media Finlandia melaporkan bahwa pembelian radar, salah satunya merupakan masukan dari hasil analisa jalannya konflik di Suriah dan Ukraina. Dalam kedua kasus ini, artileri Rusia memainkan peran yang sangat penting, menggunakan berbagai tim anti tembakan artileri musuh bersama dengan sistem pengintaian dan komando yang lebih canggih. Ada kemungkinan bahwa Finlandia ingin memperkuat kekuatannya agar dapat melawan potensi ancaman dari Rusia.

Defence24

Sharing

Tinggalkan komentar