Slovakia Bayar Cicilan Kedua Pembelian F-16

Jet tempur multiperan F-16 Angkatan Udara AS © US Air Force

JakartaGreater,com – Slovakia akan membayar membayar angsuran kedua untuk pembelian pesawat tempur F-16 pada bulan Maret tahun ini. Belum diketahui berapa jumlah yang harus dibayarkan Slovakia, namun berita tersebut dilansir dari Kementerian Keuangan untuk anggaran negara sebagaimana dirils oleh Topky.

Pembayaran tersebut diperkirakan akan menyedot banyak anggaran keuangan Slovakia seperti dinyatakan oleh Menteri Keuangan “Penurunan defisit dari tahun ke tahun dipengaruhi oleh pembayaran pesawat tempur”.

Slovakia akan menghabiskan lebih dari 1,6 miliar Euro untuk pesawat tempur, termasuk amunisi, dukungan logistik, pelatihan pilot dan pelatihan personel darat di Amerika Serikat.

Total 14 pesawat tempur F-16 akan diakuisisi oleh Slovakia, dengan empat F-16 pertama akan dikirimkan pada tahun 2022 dan sepuluh F-16 lainnya akan dikirimkan setahun kemudian.

Pemerintah Slovakia memutuskan untuk mendapatkan pesawat tempur baru pada Juli tahun lalu. Sebelumnya selain pesawat tempur buatan AS, Kementerian Pertahanan Republik Slovakia juga mempertimbangkan Jas-39 Gripen buatan Swedia.

Untuk mendukung tugas F-16, Slovakia membutuhkan lebih banyak lagi biaya operasional. Saat ini Slovakia akan mengirimkan 22 pilot dan 160 staf darat untuk berlatih di Amerika Serikat

Sharing

Tinggalkan komentar