Kapal Perang AS Bawa 10 Jet F-35B Terlihat di Laut Cina Selatan

dok. USS Wasp Angkut F-35B Lightning II. (U.S. Navy photo by Mass Communication Specialist 3rd Class Michael Molina)

Jakartagreater.com  – Kapal AS dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam latihan angkatan laut Balikatan antara Filipina dan Amerika Serikat, yang akan melibatkan sekitar 4.000 tentara Filipina dan 3.500 tentara AS, serta sekelompok kecil prajurit Australia, dirilis Sputniknews.com pada Rabu 3-4-2019.

Kapal serbu Amfibi Angkatan Laut AS, USS Wasp, membawa sejumlah besar Jet tempur F-35B, telah terlihat di Laut Cina Selatan, Business Insider melaporkan pada hari Selasa 2-4-2019. Menurut outlet itu, kapal perang itu membawa setidaknya 10 pesawat tempur siluman F-35B Lightning II, bersama dengan 6 pesawat konvensional.

“Pasukan AS dan Filipina akan melakukan operasi Amfibi, pelatihan tembakan langsung, operasi perkotaan, operasi penerbangan, dan respons kontraterorisme”, kata Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan.

Kapal dermaga amfibi USS Green Bay (LPD 20), bagian dari Komandan Skuadron 11 Amphibious, beroperasi di wilayah tersebut untuk meningkatkan interoperabilitas dengan mitra dan berfungsi sebagai kekuatan siap tanggap untuk segala jenis kemungkinan.

USS Wasp dan pesawat tempurnya berpartisipasi dalam latihan Balikatan untuk pertama kalinya dan dimaksudkan untuk meningkatkan latihan, yang dilakukan di dekat wilayah yang disengketakan di Laut Cina Selatan.

Beijing mengklaim kepemilikan 90 persen laut, termasuk Kepulauan Paracel, tetapi klaim tersebut diperselisihkan oleh sejumlah negara Asia Tenggara, termasuk Filipina.

Sharing

Tinggalkan komentar