India Ingin Akuisisi Enam Kapal Selam Diesel Elektrik Bersenjata Berat

Ilustrasi kapal selam dengan peluncur rudal jelajah (foto:IDRW)

JakartaGreater.com – Angkatan Laut India berencana untuk mengakuisisi enam kapal selam diesel elektrik bersenjata berat.

Proyek akusisi dengan nama ‘Project-75 India’ nantinya harus mampu membawa persenjataan berat dan lengkap, seperti 12 rudal jelajah Land Attack Cruise Missile (LACM) dan rudal jelajah anti kapal dengan jangkauan 500 km, juga mampu membawa 18 torpedo kelas berat.

Memulai proses tender, Angkatan Laut India telah mengeluarkan Expression of Interest kepada galangan kapal asing yang bersedia berpartisipasi dalam mega-proyek India tersebut, sebagaimana ditulis Republicworld.

India saat ini memiliki lebih dari 100 kapal selam dan kapal perang permukaan. Angkatan Laut India ingin memiliki kombinasi kapal selam diesel elektrik dan kapal selam nuklir untuk menjaga wilayah lautnya yang membentang dari Selat Malaka hingga Samudera Hindia.

Dipihak lain Angkatan Laut Pakistan hanya memiliki 20 kapal selam, Angkatan Laut India berupaya membangun asetnya untuk mengkonsolidasikan supremasinya di wilayah Samudra Hindia di mana Angkatan Laut Cina juga beroperasi.

Sharing

Tinggalkan komentar