Ukraina Terus Uji Coba Rudal Jelajah Neptunus

Neptune missile (foto : AviationAnalysis)

JakartaGreater.com – Militer Ukraina terus melakukan uji lapangan yang lebih lanjut dengan rudal manuver Neptunus, yang memiliki kemampuan serang terhadap kapal perang dan target darat.

Uji tembak dilakukan di tempat pelatihan di dekat Odessa dengan disaksikan oleh Presiden Ukraina Petro Poroshenko, seperti ditulis oleh Defence24.

Rudal bermanuver yang ditembakkan dari platform darat dirancang untuk menghancurkan sasaran laut dan sasaran darat. Semua komponen sistem rudal Neptune diproduksi oleh perusahaan industri pertahanan Ukraina, sedangkan pekerjaan konstruksi dilakukan oleh perusahaan konstruksi “Lucz” milik kelompok Ukroboronprom.

Senjata baru ini bisa dikatakan merupakan versi pengembangan lebih lanjut dari rudal KH-35 buatan Rusia, dan awalnya dirancang hanya sebagai rudal anti-kapal perang dalam versi Angkatan Laut oleh Ukraina.

Rudal dengan kecepatan sub sonic Mach 0.8 ini diklaim mampu menenggelamkan kapal berbobot 5000 ton. Rudal memilik jangkauan sekitar 300 km dengan hulu ledak fragmentasi 150 kg. Neptune bisa dilengkapi dengan sistem pemandu radar aktif atau sistem pemandu inersia baru.

Rudal Neptune yang sederhana, murah dan fleksibel bisa menjadi senjata alternatif bagi negara-negara dengan anggaran terbatas.

Sharing

Tinggalkan komentar