Irak Kembali Terima 6 Pesawat Tempur F-16 dari AS

F-16 Angkatan Udara Irak (foto : Iraqi Defense Ministry media office}

JakataGreater.com – Irak kembali menerima 6 pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat. Bergabungnya 6 F16 Block 52 yang baru datang semakin memperkuat Angkatan Udara Irak.

Menurut para pemimpin Militer Irak, kedatangan F-16 Fghting Falcon itu mengirimkan “pesan yang jelas” bahwa Irak serius membangun kemampuan pertahanannya sendiri.

Lama bergantung pada kekuatan udara koalisi yang dipimpin AS dalam perang melawan ISIS, Irak kini harus mulai bertanggung jawab atas pertahanan udaranya sendiri.

Keenam jet baru itu diluncurkan di Balad Air Base, 64 km utara Baghdad, dalam sebuah upacara pada hari Sabtu.

Letjen Hama Ameen menyebut kedatangan jet-jet tempur itu merupakan “momen penting” bagi Irak dan Angkatan Udaranya. Lima pesawat tempur F-16 lainnya diperkirakan akan dikirim sebelum akhir bulan April, kata Ameen.

Irak telah memesan total 36 F-16. Jet yang tersisa diharapkan akan dikirimkan pada akhir tahun 2019.

Menurut Ameen, Irak akan terus melanjutkan pelatihan pilot pesawat tempurnya agar siap menghadapi keadaan darurat atau bahaya yang mungkin dihadapi di masa depan.

F-16 Irak melakukan 514 kali sorti terhadap target ISIS selama perang – dari 10 Juni 2014 hingga 31 Desember 2017. Sejak saat itu, jumlah serangan udara Irak semakin meningkat lagi dengan menyerang sasaran ISIS yang ada di Suriah.

Dipihak lain Presiden Wilayah Kurdistan Masoud Barzani mengecam kesepakatan awal Baghdad yang membeli pesawat tempur F-16 dari AS, dan mengklaim Irak akan menggunakannya untuk melawan Kurdi.

Pada puncak Perang Iran-Irak (1980-88), Irak memiliki angkatan udara terbesar di Timur Tengah. Namun, armada udara tersebut hancur dalam Perang Teluk Pertama tahun 1990-an.
Rudaw.net

Tinggalkan komentar