Rusia Tuntaskan Pengiriman Su-35 ke Tiongkok

Jet tempur Su-35 China © Xinhua

JakartaGreater.com – Rusia telah menyelesaikan pengiriman pesawat tempur Sukhoi Su-35 ke China berdasarkan kontrak yang ditandatangani sebelumnya, kata juru bicara Kerjasama Militer dan Teknis Rusia kepada TASS pada hari Selasa. “Sesuai dengan kontrak, semua pesawat tempur Su-35 telah dikirim ke pelanggan asing,” kata juru bicara tersebut.

China telah menjadi pembeli asing pertama dari pesawat tempur Su-35 Rusia. Kontrak bernilai sekitar US$ 2,5 miliar untuk pembelian 24 jet tempur Su-35 ke China ditandatangani pada tahun 2015. Kontrak juga termasuk suku cadang dan mesin cadangan.

Indonesia adalah pembeli asing kedua jet tempur Su-35 Rusia. Laporan muncul pada awal tahun 2018 bahwa Rusia telah menandatangani kesepakatan kontrak dengan Indonesia untuk pengiriman 11 Su-35.

Di bawah kontrak, Rusia akan mengirimkan jet tempur pertama ke Indonesia tahun ini. Pemenuhan kontrak Indonesia menghadapi beberapa kesulitan terkait sanksi AS, tetapi sumber TASS di kalangan militer dan diplomatik mengatakan kesulitan-kesulitan ini “tidak kritis” dan tidak akan memengaruhi pengiriman jet tempur.

Jet tempur supersonik Su-35S generasi 4 ++ melakukan penerbangan perdananya pada 19 Februari 2008. Su-35 adalah turunan dari pesawat tempur Su-27. Su-35S berbobot 19 ton, mampu terbang setinggi 20.000 meter, dan dapat mengembangkan kecepatan maksimum hingga 2.500 km / jam dengan satu pilot.

Su-35 dilengkapi senjata meriam tunggal caliber 30mm, dan mampu membawa hingga 8 ton muatan senjata (misil dan bom dari berbagai jenis) pada 12 titik bawah sayap. Su-35S telah beroperasi dengan militer Rusia sejak tahun 2015.
TASS

Sharing

Tinggalkan komentar