Fregat Siluman KD Maharaja Lela Baru Bisa Bertugas Tahun 2021

Desain fregat Gowind 250

Kapal perang modern buatan dalam negari Malaysia LCS Maharaja Lela diperkirakan baru bisa ditugaskan pada tahun 2021 nanti. Masih dibutuhkan waktu dua tahun lagi bagi perusahaan galangan kapal Boustead Naval Shipyard untuk melengkapi fregat tercanggih milik Angkatan Laut Malaysia tersebut.

“Lebih dari dua tahun, akan diterima dan ditugaskan secara bertahap nanti,” kata Komandan Angkatan Laut, Laksamana Datuk Mohd Reza Mohd Sany.

Pada 31 Oktober 2017, media melaporkan bahwa peresmian kapal perang LCS pertama, yang dijadwalkan akan diterima tahun 2019, ditunda setelah perusahaan Boustead Naval Shipyard (BNS) masih menunggu komponen kunci dari sebuah perusahaan di Amerika Serikat dan diharapkan akan tiba akhir tahun 2019 ini.

Hal ini mengakibatkan KD Maharaja Lela tidak dapat dilibatkan dalam Pameran Maritim dan Aerospace Internasional Langkawi (LIMA) 2019 baru-baru ini.

Angkatan Laut Kerajaan malaysia sebelumnya dilaporkan akan menerima enam kapal LCS secara bertahap mulai pertengahan tahun ini, seperti ditulis oleh Defence Studies.

KD Maharaja Lela yang merupakan kapal perang terbesar dan tercanggih dengan desain siluman milik Angkatan Laut Malaysia, dibangun dengan kemampuan peperangan empat dimensi sekaligus, anti pertempuran darat, udara, laut dan peperangan elektronika.

Selain itu KD Maharaja Lela dilengkapi dengan sistem manajemen tempur terbaru dan mampu menampung hingga 118 anggota awak dan pasukan khusus serta dapat menampung satu helikopter.

Fregat dengan panjang 111 meter dapat melaju dengan kecepatan maksimum hingga 28 knot dan dilengkapi dengan sejumlah senjata utama seperti sistem peluncur torpedo, sistem peluncur rudal anti kapal, sistem peluncur rudal pertahanan udara jarak menengah dan meriam kaliber 53 mm.

Sharing

Tinggalkan komentar