Kesampingkan F-35, Rumania Beli Tambahan F-16 dari Portugal

F-16 Portugal (foto:Common Wikipedia)

Rumania kemungkinan akan menandatangani lagi kontrak pembelian 6 pesawat tempur F-16 bekas dari Portugal.

Sebagaimana dinyatakan oleh Menteri Pertahanan Rumania Gabriel Lesc, dimana Rumania dapat menandatangani kontrak untuk membeli tambahan lima pesawat tempur F-16 dari Portugal tahun ini, dan masih meragukan kemampuan Rumania untuk dapat membeli pesawat siluman F-35 dari Amerika Serikat.

Gabriel Lesh mengumumkan pada konferensi pers untuk menyelesaikan dokumen dengan Portugal untuk pembelian lima F-16 untuk melengkapi skuadron udara Rumania.

Menurut Menteri, semua dokumen untuk pembelian lima F-16 sudah dikirimkan ke Portugal, dan kemungkinan dapat menandatangani kontrak akuisisinya pada tahun ini.

Rumania berencana membeli total 36 pesawat tempur F-16 baru, namun masih belum diketahui perbedaan harga antara pembelian pesawat tempur bekas dan pesawat tempur baru.

Sebenarnya Amerika Serikat memasukkan Rumania sebagai daftar negara yang boleh membeli pesawat tempur siluman F-35, namn menurut Menteri Pertahanan Rumania “harga F-35 terlalu mahal”, sebagaimana dilaporkan Radio Free Europe.

Pesawat tempur F-35 baru berharga sekitar US$ 90 juta per unit, sedangkan harga untuk 12 pesawat F-16, Rumania cukup membayar kepada Portugal sekitar 150 juta euro dari total jumlah kontrak yang ditandatangani pada tahun 2013 sebesar 628 juta euro.

Sebelumnya banyak dilaporkan oleh media di Eropa Timur, AS berencana untuk memperluas penjualan pesawat tempur Lockheed Martin F-35 yang berbasis di Fox, termasuk kepada lima negara baru – Rumania, Yunani, Polandia, Spanyol, dan Singapura.

Fakti.bg

0 Shares

Tinggalkan komentar