Prancis Terima Fregat FREMM Varian Anti Serangan Udara

Galangan kapal Naval Group di Lorient meluncurkan kembali fregat rudal Alsace (D 656), bagian dari fregat FREMM class ketujuh untuk Angkatan Laut Prancis (Marine Nationale ).

Kapal perang ini merupakan yang pertama dari dua fregat FREMM dengan kemampuan anti peperangan udara – FREDA (Frégate de Defense Antiaérienne), yang akan menggantikan kapal perusak rudal Cassard yang saat ini masih beroperasi.

FREMM varian ini akan menjadi perisai pertahanan udara bagi kapal induk Prancis Charles de Gaulle ataupun kapal induk helikopter Mistral. FREMM Alsace selain memiliki kemampuan mendeteksi dan memerangi target udara, juga dapat melakukan misi tempur lain.

Fregat Alsace dan fregat kembarannya Lorraine Lorraine (D 657) akan dilengkapi dengan stasiun radar multifungsi Herakles yang telah ditingkatkan, di mana empat antena radar akan ditempatkan di sisi tiang baru. Solusi ini dimaksudkan untuk memudahkan deteksi dan mempersingkat waktu reaksi, yang sangat penting saat mendapatkan serangan udara.

Selain itu, fregat Alsace akan mendapatkan perangkat komunikasi baru, tiga konsol manajemen tempur SETIS tambahan, dan yang terpenting fregat akan memiliki rudal antipesawat jarak pendek Aster 15 dan rudal jangkauan menengah Aster 30 .

Fregat Alsace akan mulai memperkuat Angkatan Laut Prancis pada paruh pertama 2021, dan fregat Lorraine pada tahun 2022.

Hingga kini Angkatan Laut Prancis sudah menerima enam fregat FREMM yang sudah beroperasi, Aquitaine (D 650) , Provence (D 652) , Languedoc (D 653) Auvergne (D 654) dan Bretagne (D 655). Fregat Normandie (D 651) akan bergabung pada musim panas tahun ini. Selain itu fregat FREMM juga sudah diekspor ke Maroko dan Mesir.

Defence 24

Tinggalkan komentar