Rusia Bangun Fregat Project 11356 untuk Angkatan Laut India

Frigate Admiral Makarov Project 11356 Rusia. (photo: Radziun via commons.wikimedia.org)

Moskow,  Jakartagreater.com   –   Galangan kapal Yantar Rusia di pantai Baltik telah meluncurkan pekerjaan untuk membangun dua fregat Project 11356 untuk Angkatan Laut India, ujar kantor pers eksportir senjata negara Rusia Rosoboronexport pada hari Jumat 26-4-2019, dirilis TASS.

“Rosoboronexport melihat potensi besar Yantar Shipyard untuk mengembangkan dan memproduksi produk-produk berteknologi tinggi yang dipasok sebagai bagian dari kerja sama militer dan teknis.

Kapasitasnya telah menghasilkan perangkat keras untuk ekspor senilai lebih dari $ 1 miliar dan pada Jumat 26-4-2019 Shipyard telah mulai memenuhi salah satu kontrak terbesar untuk Angkatan Laut India, ujar CEO Rosoboronexport Alexander Mikheyev.

Kepala eksekutif Rosoboronexport membuat pernyataan ini saat bekerja di Kaliningrad di mana ia bertemu dengan Gubernur Wilayah Kaliningrad Anton Alikhanov, CEO Galangan Kapal Yantar Eduard Yefimov dan delegasi Kementerian Pertahanan India yang dipimpin oleh Wakil Sekretaris Pertahanan Sanjay Mitra.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, Rusia dan India menandatangani kontrak pada November 2018 untuk pengiriman 4 fregat Project 11356. Berdasarkan kesepakatan itu, 2  fregat akan dibangun di Yantar Shipyard Rusia di pantai Baltik dan 2 fregat lainnya akan dibangun di Goa Shipyard Limited (GSL) India.

Kepala United Shipbuilding Corporation Rusia Alexei Rakhmanov sebelumnya mengatakan bahwa fregat Project 11356 pertama untuk India akan dibangun di Rusia dalam waktu 3 tahun. Persiapan untuk memenuhi kontrak ini menduduki puncak agenda pertemuan antara delegasi India dan manajemen Galangan Kapal Yantar dan Rosoboronexport.

Galangan kapal sebelumnya membangun kapal perang jenis ini untuk Angkatan Laut India. Fregat Proyek 11356 dirancang untuk memberikan serangan terhadap kapal permukaan dan kapal selam musuh di zona pantai dan laut dan melawan target udara baik secara mandiri maupun sebagai bagian dari kelompok angkatan laut.

Kapal perang jenis ini dipersenjatai dengan senjata Artileri 100 mm A-190, sistem Rudal dan pertahanan udara, termasuk kompleks Kalibr dan Shtil serta tabung Torpedo. Frigate memiliki bobot 3.620 ton, panjangnya 124,8 meter, kecepatan hingga 30 knot dan memiliki jangkauan operasi 4.850 mil. Fregat ini dapat membawa Helikopter Ka-27 dan modifikasinya.

Sharing

Tinggalkan komentar