Polandia Isyaratkan Membeli Pesawat F-35

File:F35A Prototyp AA1 2,  From Wikimedia Commons, the free media repository.

Warsawa, Jakartagreater.com   –  Kementerian pertahanan Polandia telah mengisyaratkan dan mendekati kesepakatan untuk membeli F-35 Joint Strike Fighters dari Amerika Serikat, dan menjadi bagian dari hubungan militer yang berkembang antara Warsawa dan Washington. Berita itu datang di saat Jerman mundur dari kesepakatan F-35, dirilis Sputniknews.com pada Selasa 30-4-2019.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi lokal TVP pada hari Senin 29-4-2019, Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak mengatakan kontrak untuk membeli pesawat siluman F-35 Lightning II AS, juga disebut Joint Strike Fighters, “tidak lama” lagi untuk penandatanganan.

Pengumuman itu menyusul kunjungan ke negara itu oleh Sekretaris Angkatan Udara AS Heather Wilson pekan lalu, di mana ia mengatakan tim demonstrasi akan dikirim ke Polandia bulan depan untuk memamerkan kemampuan pesawat Lockheed Martin, menurut Defense News.

Tidak jelas yang mana dari 3 model F-35 yang berusaha dibeli pemerintah Polandia, tetapi kandidat yang paling mungkin adalah F-35A, yang beroperasi dari lapangan terbang standar, dan F-35B, yang memiliki lepas landas pendek dan kemampuan pendaratan vertikal. Ada juga F-35C, yang beroperasi dari kapal induk, tetapi karena Polandia tidak memiliki kapal seperti itu, kemungkinan tidak memiliki minat pada pesawat jenis ini.

Pada Februari 2019, Blaszczak mengatakan negara Eropa Timur itu berencana membeli 32 unit F-35, bagian dari prakarsa yang lebih besar oleh Warsawa untuk menghabiskan $ 48,5 miliar untuk senjata dan peralatan baru untuk militernya pada tahun 2026.

Polandia adalah salah satu di antara beberapa negara di mana AS memasarkan pesawat canggih yang mahal, termasuk Rumania dan Yunani. Meskipun mencocokan harga turun, untuk setiap Jet itu perkiraan berkisar antara $ 100 juta hingga $ 200 juta per pesawat.

Pada bulan Februari 2019, tetangga Polandia dan sesama anggota NATO Jerman memutuskan untuk menolak tawaran untuk membeli F-35, memilih pesawat AS lainnya, Boeing F-18 Hornet, untuk menggantikan armada Panavia Tornado yang menua.

Dengan model-model terbaru F-18, sebuah pesawat yang telah terbukti dengan baik, harganya hanya $ 70 juta, mudah untuk melihat mengapa Kementerian Pertahanan Jerman yang terkenal pelit akan memilihnya di atas F-35, yang, meskipun telah dikembangkan selama dua dekade, masih berjuang untuk melakukan beberapa fungsi perangnya yang paling dasar.

Namun, Warsawa telah membungkuk ke belakang untuk menyenangkan Washington dalam beberapa tahun terakhir, bahkan menawarkan untuk membayar $ 2 miliar untuk pangkalan militer permanen AS di negara yang diusulkannya disebut “Fort Trump.”

Sharing

Tinggalkan komentar