Rusia Akan Lengkapi Semua Helikopter Tempur Mi-35 dengan Vitebsk

Helikopter tempur Mil Mi-35 buatan Rusia © Dmitry Terekhov via Wikimedia Commons

Rusia akan melengkapi semua helikopter tempur Mi-35 dengan sistem pertahanan anti rudal Vitebsk. Integrasi dengan sistem jammer Vitebsk tersebut dilakukan oleh para ahli dari Moscow helicopter plant M.L. Mila (saat ini bagian dari OPK Oboronprom).

Menurut rencana integrasi tahun 2016, helikopter tempur Mi-35 akan dapat meningkatkan kemampuannya dalam pertahanan terhadap serangan rudal portabel.

Perjanjian modernisasi Mi-35 ditandatangani pada September 2018. Sistem ini juga telah dimodifikasi berdasarkan pengalaman yang di dapatkan saat melakukan misi tempur di Suriah, sebagaimana ditulis Defence24.

Vitebsk selain dirancang untuk melindungi helikopter dari serangan rudal anti pesawat tapi juga dapat mengecoh radar musuh.

Sistem peperangan elektronik Vitebsk memungkinkan pesawat tempur atau helikopter untuk melihat dan mendeteksi rudal yang ditembakkan kearahnya pada radius beberapa ratus kilometer.

Setelah mendeteksi rudal yang menyerang, sistem Vitebsk kemudian akan membimbing rudal musuh menjauh ke tempat lain sehingga rudal akan kehilangan sasarannya. Yang hebat, sistem Vitebsk mampu mengecoh rudal yang bukan hanya berpandu radar, tapi juga radar berpandu inframerah ataupun sistem panduan gabungan.

Sharing

Tinggalkan komentar