Kapal Selam Scorpene Keempat India Jalani Sea Trial

INS Khanderi (Foto : Naval group)

Kapal selam Scorpene class India yang keempat – INS Vela telah menyelesaikan kelengkapannya dan akan diluncurkan pada 6 Mei di Laut Arab dan akan memulai uji coba laut.

“Pada 6 Mei kapal selam akan menyentuh perairan untuk pertama kalinya. Maka uji coba laut akan dimulai, ”kata seorang perwira Angkatan Laut India.

INS Vela adalah salah satu dari enam kapal selam Scorpene class asal Prancis yang sedang dibangun di India, dan dinamakan sebagai “Kalvari class.”

Kontrak untuk memproduksi enam kapal selam Scorpene class dengan lisensi seharga US$ 3,75 miliar dan ditandatangani pada Oktober 2005 di bawah Proyek 75. Seluruh proyek diharapkan selesai pada tahun 2020.

Kapal selam Scorpene dibangun dengan menggunakan teknologi fitur siluman yang unggul seperti teknik peredam akustik canggih, tingkat kebisingan yang rendah, bentuk desain yang hidro-dinamis dan kemampuan serangan dengan persenjataan yang presisi.

Kapal selam Scorpene dapat melakukan berbagai jenis misi operasi seperti perang anti-permukaan, perang anti-kapal selam, pengumpulan intelijen, penyebaran ranjau dan pengawasan area. Kapal selam ini dirancang untuk mampu beroperasi di semua medan dan mampu bersinergi dengan komponen lain dari Satuan Tugas Angkatan Laut.

Scorpene diklaim sebagai platform kapal selam yang kuat, yang menandai perubahan generasi dalam mengoperasikan kapal selam. Selain itu India juga telah menyetujui akuisisi torpedo kelas berat untuk dilengkapi pada kapal selam ini.
Defenceworld

Sharing

Tinggalkan komentar