Turki Pamerkan Mock Up Jet Tempur Siluman TF-X

Graphic Turkish TF-X 5th gen Fighter Jet. (@ Den ProHD)

Mock up skala penuh dari jet tempur generasi mutakhir dari TF-X Turki resmi diluncurkan secara resmi pada hari Senin, 17/6/2019 di Paris Air Show, situs berita penerbangan AINonline melaporkan.

Proyek TF-X Turki, upaya senilai US$ 13 miliar untuk dapat menawarkan pesawat tempur generasi kelima ke pasar internasional, direncanakan akan memulai penerbangan pertama pada tahun 2025 dan memasuki layanan Angkatan Udara Turki pada tahun 2028.

Mock-up skala penuh jet tempur Turki Aerospace Industries (TAI) TF-X tiba pada hari yang sama dengan mock up pesawat tempur generasi keenam yang akan dibangun Perancis dan Jerman serta Spanyol.

“Kami telah berjanji kepada bangsa kami bahwa ini akan menjadi jet tempur terbaik di Eropa,” kata Temel Kotil, presiden dan CEO TAI. “Selain Turki, mudah-mudahan ini juga akan menjadi pilihan fighter yang baik untuk sekutu Eropa.”

Pengalaman TAI pada program pertahanan internasional seperti A400M dan F-35 membuktikan kemampuan manufaktur industri pertahanan Turki, kata Kotil kepada situs penerbangan.

Turki telah menandatangani perjanjian dengan Inggris pada tahun 2017 untuk memfasilitasi pengembangan bersama pesawat, sedangkan BAE Systems membantu dengan desain pesawat, sementara Rolls-Royce bekerja sama dengan Kelompok Kale Turki untuk bekerja pada pengembangan mesin asli untuk TF-X.

Pengembang propulsi Inggris awal tahun ini mengumumkan telah mengurangi keterlibatannya karena sengketa transfer kekayaan intelektual, dan bersama dengan Kale, mengusulkan syarat yang direvisi kepada pemerintah Turki.

Ankara sedang mencari untuk menggunakan mesin General Electric F110 Amerika Serikat untuk pesawat TF-X pertamanya, namun, mungkin mengalami kesulitan memperoleh mesin karena Amerika Serikat telah mengancam akan mengeluarkan Turki dari program F-35 sebagai hasil dari rencana pembelian Sistem pertahanan udara S-400 Rusia. Ahvalnews

Sharing

Tinggalkan komentar