Su-30MKI Sukses Cetak Skor Air-to-Air Kill, Melawan Drone

Su-30MKI India. (@ Alan Wilson from Stilton, Peterborough, Cambs, UK)

Bhubaneswar, Jakartagreater.com    –    Angkatan Udara India (IAF) berhasil menguji penembakkan Rudal udara-ke-udara Rusia pada 19 Juni 2019. Rudal yang ditembakkan dari pesawat tempur garis depan Sukhoi-30 MKI menghancurkan sebuah Drone target di lepas pantai Odisha, dirilis Newindianexpress.com.

Sumber di pertahanan India mengatakan Rudal udara-ke-udara jarak pendek ditembakkan dari pesawat tempur sebagai bagian dari percobaan pengguna. Latihan itu bertujuan mengukur efisiensi pembunuhan dari sistem senjata.

Pesawat yang lepas landas dari pangkalan udara Kalaikunda di Benggala Barat menembakkan Rudal beyond visual range udara-ke-udara setelah melakukan beberapa serangan mendadak.

Rudal itu berhasil mencegat Banshee kendaraan udara tak berawak (UAV) di Teluk Bengal. Drone Inggris diterbangkan dari Integrated Test Range (ITR).

Sementara seluruh latihan dilakukan oleh personil IAF, Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India (DRDO) memberikan semua dukungan logistik.

“Dua pesawat tempur terlibat dalam latihan ini. Satu digunakan sebagai penyerang dan yang lainnya sebagai pemburu. Setelah penyerang menembakkan Rudal, pemburu melacak gerakannya dan menembakkan Rudal presisi. Seluruh latihan dilakukan dalam skenario waktu nyata, ”kata seorang pejabat.

Rudal Rusia telah dibeli oleh India untuk IAF untuk mengembangkan perisai udara berlapis untuk kota-kota terhadap serangan dengan kendaraan udara berawak atau tak berawak yang terbang di ketinggian rendah dan menengah.

Sumber mengatakan Rudal memiliki kemampuan untuk secara efisien menghadapitarget pada ketinggian rendah dan menengah dalam waktu kurang dari 10 detik.

Rudal yang digunakan untuk tes dipilih secara acak dari tempat parkir. “Beberapa putaran lagi uji coba Rudal dengan menggunakan kombinasi pesawat termasuk MiG dan Mirage juga telah direncanakan dalam dua hari ke depan,” kata pejabat itu.

Misi ini sangat penting bagi IAF karena beberapa kota dan instalasi vital di negara ini rentan terhadap serangan udara. Dilengkapi dengan Rudal udara-ke-udara Astra yang dikembangkan sendiri, Rudal Rusia dapat meningkatkan keamanan udara.

Selain ini, durasi stabilitas di udara dan daya tahan Banshee juga diuji selama latihan. Dilengkapi dengan GPS terintegrasi, navigasi waypoint otonom, dan sistem telemetri digital, UAV cocok untuk digunakan di darat dan di laut.

Sharing

Tinggalkan komentar