24 Helikopter MH-60R Segera Perkuat Kemampuan AL India

New Delhi – Jakartagreater.com, Angkatan Laut India telah menunggu selama bertahun-tahun untuk menggantikan helikopter laut multi-peran multi-dekade Sea King yang diperolehnya pada tahun 1978.

India dan AS kemungkinan akan menandatangani kesepakatan Romeo helicopter senilai $ 2 miliar dalam beberapa minggu ke depan setelah kepala Angkatan Laut India, Laksamana Karambir Singh mengindikasikan bahwa kontrak final hampir siap.

“Surat Penerimaan dari AS untuk 24 helikopter multiperan MH-60R ada di sini dan kesepakatan itu diharapkan akan ditandatangani segera,” kata Singh, dirilis Sputniknews.com, 13-12-2019.

India dan AS telah terlibat dalam pembicaraan sejak April tahun ini dan diharapkan mereka akan meninjau seluruh hubungan pertahanan mereka selama dialog India-AS 2 + 2 berikutnya pada 18 Desember di Washington. Kedua negara juga diharapkan menandatangani Lampiran Keamanan Industri (ISA).

Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS telah memberikan sertifikasi yang disyaratkan, memberi tahu Kongres tentang kemungkinan penjualan militer asing dari helikopter serba guna ini dengan perkiraan sekitar $ 2,6 miliar.

Helikopter Romeo dilengkapi dengan radar multimode APS-153 (V) yang akan membantu angkatan laut India dalam perang anti-kapal selam, perang anti-permukaan, intelijen, pengawasan, dan pengintaian.

Akuisisi ini adalah bagian pertama dari rencana untuk memperluas helikopter multi-peran dalam jangka menengah untuk menggantikan Seakings yang sudah tua.

Pengadaan 24 helikopter multiperan MH-60R akan menjadi dorongan besar untuk kemampuan perang anti-kapal selam dan laut India

Tinggalkan komentar