Pejabat Israel Tuding Rusia Penyebab Gangguan GPS di Bandara Israel

Ben Gurion International airport. (Oyoyoy – commons.wikimedia.org)

Para pejabat Israel percaya Rusia bertanggung jawab atas gangguan pada sinyal Global Positioning System (GPS) yang mencakup wilayah udara di bandara Ben Gurion Israel, lapor Radio Israel pada Kamis.

Sinyal GPS yang digunakan oleh pilot di wilayah udara Israel telah mengalami gangguan selama tiga minggu terakhir, menurut pernyataan dari Otoritas Bandara Israel.

Gangguan memiliki dampak besar pada aspek-aspek tertentu dari mengemudikan pesawat, dan pada manajemen lalu lintas udara, bunyi pernyataan itu.

Otoritas Bandara mengatakan pesawat yang mendekati bandara Ben Gurion, yang terletak sekitar 15 kilometer sebelah timur Tel Aviv, sekarang menggunakan pendekatan Instrument Landing System (ILS) untuk mendarat, yang menggunakan sinyal radio untuk memandu navigasi tanpa mengunakan data satelit. Pendekatan ILS digunakan setiap hari oleh bandara di seluruh dunia.

Pengendali lalu lintas udara di Ben Gurion masih dapat memberikan panduan penuh untuk semua penerbangan yang keluar dan masuk, kata pernyataan itu, menambahkan bahwa tidak ada insiden kecelakaan karena adanya gangguan GPS.

Laporan pada Radio Tentara Israel Kamis pagi – bahwa Israel percaya Rusia berada di belakang gangguan GPS.

Seorang pejabat Rusia yang dirahasiakan namanya menyatakan kepada CNN, “Ini adalah berita palsu. Kami tidak dapat mengaitkannya dengan serius dan kami tidak ingin berkontribusi dalam distribusi berita palsu ini.”

CNN

Sharing

Tinggalkan komentar