Rostec : Rusia Memulai Pembuatan Sistem Rudal S-500

Sistem rudal pertahanan udara jarak jauh generasi terbaru S-500 Rusia © Russian MoD.

Wakil Perdana Menteri Yury Borisov sebelumnya mengatakan bahwa sistem rudal anti-balistik S-500 akan diterima oleh militer Rusia di tahun-tahun mendatang.

Sergei Chemezov, CEO industri pertahanan Rostec mengatakan bahwa Rusia baru-baru ini mulai membuat sistem rudal S-500 yang mutakhir.

“Kami sudah mulai memproduksi S-500. Ini adalah sistem yang lebih maju (dari S-400), jadi saya tidak ingin membicarakannya sekarang, karena belum diadopsi oleh militer kami”, Chemezov kepada penyiar Rossiya 1 pada hari Minggu.

Dia juga mencatat bahwa sistem akan dikirim ke Angkatan Bersenjata setelah dilakukan tes senjata.

S-500 Prometey, juga dikenal sebagai 55R6M “Triumfator-M”, adalah sistem rudal anti-balistik darat-ke-udara Rusia yang dirancang untuk menggantikan sistem rudal A-135 yang saat ini digunakan dan melengkapi S-400 .

Spesifikasi sistem tetap diklasifikasikan secara resmi, tetapi menurut laporan, S-500 mampu menghancurkan target hingga jarak 600 kilometer (372 mil) jauhnya, dan juga diyakini dapat melacak dan secara bersamaan menyerang hingga 10 target balistik bergerak dengan kecepatan hingga 7 kilometer (4 mil) per detik (sekitar Mach 20).

Sputnik

Sharing

Tinggalkan komentar