F-16, Eurofighter, Gripen Bersaing untuk Kolombia

JAS-39 Gripen. (@ Milan Nykodym – commons.wikimedia)

Bogota, Jakartagreater.com     –    Kolombia sedang memeriksa proposal dari Amerika Serikat, Spanyol, dan Swedia saat mereka berupaya mengganti pesawat militernya yang sudah menua, kata angkatan udara negara Amerika Selatan itu, Selasa, dirilis Reuters, 24-07-2019.

Mengganti sekitar 20 Jet tempur Israel Kfir, yang dibeli Kolombia tiga dekade lalu, dapat menelan biaya lebih dari $ 1 miliar, sumber-sumber angkatan udara, yang tidak berwenang berbicara di depan umum, mengatakan kepada Reuters.

“Berbagai negara, termasuk Spanyol, Swedia dan Amerika Serikat, telah membuat proposal resmi ke Kolombia untuk menggantikan skuadron,” kata angkatan udara dalam sebuah pernyataan.

“Pesawat seperti Saab Gripen, Eurofighter, dan F-16 sedang dievaluasi, sebuah proses yang akan memungkinkan (Angkatan Udara) untuk memberikan rekomendasi untuk pengambilan keputusan pada saat yang ditentukan pemerintah,” tambah pernyataan itu.

Terlepas dari keterbatasan anggaran, Presiden Ivan Duque mengatakan dia mendukung modernisasi peralatan militer negara itu.

Sharing

Tinggalkan komentar