China Kembangkan Teknologi Siluman Baru

Jet tempur generasi ke-5, Chengdu J-20 buatan China (© Commons.wikimedia)

Jakartagreater.com – China telah menciptakan jenis material baru, yang di masa depan akan memberikan pesawat dan kapal-kapal PLA visibilitas rendah ke radar. Ini dilaporkan oleh publikasi China, dirilis Weaponews.com, 23-07-2019.

Menurut surat kabar itu, para ilmuwan Cina dari Institut optik dan elektronik dari Akademi Ilmu Pengetahuan di Chengdu telah menciptakan jenis materi baru yang memberikan visibilitas rendah ke radar.

Para ilmuwan ini dapat mencapai hal itu berkat model matematika yang dikembangkan, yang dapat mengetahui perilaku gelombang elektromagnetik dalam interaksi dengan permukaan logam, ditutupi dengan pola mikroskopis.

“Perkembangan ini membantu menciptakan membran, yang dikenal sebagai “Metropolitanate” – menyerap radiasi radar dalam jangkauan luas”, kata Profesor Lo Hong Kong.

Dilaporkan bahwa sudah diuji, yang mengkonfirmasi sifat-sifat teknologi baru. Menurut pakar teknologi siluman dari Universitas Fudan di Shanghai yang berpartisipasi dalam percobaan, penggunaan teknologi ini dengan pesawat atau kapal akan memungkinkan untuk menipu “radar apa pun”.

Perlu dicatat bahwa berbeda dengan teknologi yang saat ini digunakan untuk mengurangi visibilitas radar pesawat, teknologi baru tidak memerlukan perubahan signifikan dalam bentuk pesawat atau menutupinya dengan pelapisan radioparadise.

Mengubah bentuk pesawat mempengaruhi aerodinamika, dan warnanya berumur pendek dan mahal dan juga hanya efektif dalam spektrum emisi terbatas.

Surat kabar itu menulis, sambil menambahkan bahwa selama percobaan sebuah teknologi baru yang disebut peredam sinyal radar yang dipantulkan hingga 30 dB dalam kisaran 0,3 hingga 40 gigahertz.

Sharing

Tinggalkan komentar