ABK KN Tanjung Datu 301 Latihan Peran Darurat

Batam, Jakartagreater.com   –   Kemampuan personel Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) terus diasah. Meskipun dalam rangkaian kegiatan sehari-hari, latihan rutin tetap dilakukan. Hal ini untuk terus membina kemampuan personel, dan juga membiasakan personel khususnya dalam keadaan darurat.

Salah satu bentuk rutinitas latihan tersebut tergambar dalam kegiatan anak buah kapal (ABK) KN. Tanjung Datu 301 Bakamla RI. Latihan rutin tersebut berupa latihan peran pemadam kebakaran, latihan peran meninggalkan kapal, dan latihan sea survival. Kegiatan dilakukan pada Kamis 25-7-2019 di atas KN. Tanjung Datu 301 yang sedang sandar di Perairan Batu Ampar, Batam.

Sejumlah puluhan ABK KN. Tanjung Datu 301 mengikuti kegiatan latihan rutin ini. Berlaku sebagai pelatih, adalah Komandan KN. Tanjung Datu 301 Kolonel Bakamla Capt. Nyoto Saptono, S.H.,M.Si (Han) M.Mar., Palaksa Mayor Bakamla Perdin Saragih, S.E., dan KKM letkol Bakamla Maswir, S.T.

Selain untuk meningkatkan respon ABK terhadap keadaan darurat di atas kapal, kegiatan ini juga melatih pola pikir dan pola tindak ABK saat dalam keadaan terdesak. Dalam situasi apapun, personel Bakamla RI/IDNCG harus selalu siap dan dapat mengendalikan keadaan. Semua ini dilakukan untuk dapat memberikan pelayanan maksimal dalam mengamankan perairan Nusantara. (Humas Bakamla RI).

Sharing

Tinggalkan komentar