Israel Berhasil Uji Sistem Anti-Rudal Baru di Alaska

File:Arrow anti-ballistic, From Wikimedia Commons, the free media repository.

Iarael,  Jakartagreater.com –  Sistem pertahanan Rudal generasi ketiga Arrow 3 dikembangkan bersama oleh Israel dan Amerika Serikat. Sistem senjata ini dirancang untuk mencegat Rudal balistik di luar atmosfer, dirilis Sputniknews.com, Minggu 28-7-2019.

Israel telah berhasil melakukan sejumlah pengujian sistem anti-Rudal Arrow 3 pada hari Minggu, 28 Juli 2019, bersama Badan Pertahanan Rudal Amerika di Alaska, ujar Kementerian Pertahanan Israel melaporkan.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyambut baik tes tersebut, menekankan bahwa Israel menunjukkan kemampuannya untuk menahan Rudal balistik yang diluncurkan ‘dari Iran atau di tempat lain’.

Sebelumnya pada hari Sabtu 27-7-2019, dilaporkan bahwa Duta Besar Israel untuk Amerika Serikat Ron Dermer telah melakukan kunjungan ke Alaska minggu lalu pada saat pejabat senior Amerika berada di Israel untuk membahas Iran. Sebelum perjalanannya ke Alaska, Dermer dilaporkan telah mengadakan konsultasi panjang dengan Perdana Menteri Netanyahu.

Angkatan Udara Israel sebelumnya telah berhasil menguji sistem itu pada bulan Januari 2019 di Israel tengah. Negara itu dijadwalkan untuk melakukan uji coba gabungan AS-Israel di Alaska pada Mei 2018, tetapi operasi itu dibatalkan karena kesulitan teknis.

Uji coba terbaru datang di tengah uji coba Rudal balistik jarak menengah yang dilaporkan dilakukan oleh Iran pada hari Rabu 24-7-2019. Menurut pemerintah Israel, roket Shahab-3 Iran mampu membawa hulu ledak nuklir.

Arrow-3 diproduksi bersama oleh Israel dan Boeing dan pertama kali digunakan di Israel pada tahun 2017. Sistem ini dirancang untuk menghancurkan rudal di ruang angkasa; itu menyelesaikan tes intersepsi penuh pertamanya di Laut Mediterania pada 2015. Tes terbaru datang di tengah ketegangan dalam hubungan antara Iran dan Israel.

Negara Israel menuduh Iran mendukung kelompok garis keras dan mengobarkan perang proksi di negara-negara seperti Suriah yang dapat menimbulkan ancaman terhadap keamanan Israel. Iran membantah tuduhan itu, menuduh Israel dan sekutunya terlibat dalam agresi militer di seluruh wilayah.

Sharing

Satu pemikiran pada “Israel Berhasil Uji Sistem Anti-Rudal Baru di Alaska”

Tinggalkan komentar