Rusia Rutin Merawat Kapal Selam Varshavyanka class

Kapal selam Kilo Project 636.3 (foto:AlperBoler)

Rusia akan memperbaiki kapal selam diesel elektrik Varshavyanka class Project 636.3 Veliky Novgorod dari Armada Laut Hitam Rusia.

Dilansir dari Tass yang mengutip dari sumber militer di Crimea, kapal selam bertenaga diesel yang paling senyap itu telah tiba di Galangan Kapal Sevastopol untuk perbaikan.

“Galangan kapal Sevastopol akan melakukan perbaikan dermaga yang direncanakan pada Veliky Novgorod,” kata sumber itu.

Pada tanggal 18 Juli, Galangan Kapal Sevastopol (bagian dari Pusat Perbaikan Kapal Zvyozdochka dalam United Shipbuilding Corporation Rusia) menyelesaikan perbaikan dermaga pada kapal selam diesel elektrik Novorossiysk.

Sebelumnya kapal selam Armada Laut Hitam lainnya dari proyek ini, Rostov-on-Don dan Kolpino, akan tiba di Galangan Kapal Sevastopol untuk menjalani perawatan di dermaga setelah selesainya perawatan pada kapal selam Novorossiysk dan Novgorod Veliky.

Sebelum April, Veliky Novgorod dan Kolpino beroperasi selama satu setengah tahun sebagai bagian dari gugus tugas permanen Mediterania Rusia. Awak kapal selam tersebut dirotasi setiap tiga bulan. Kapal selam memasuki Laut Mediterania setelah lintas antar-armada dari Laut Baltik.

Novgorod Veliky dan Kolpino adalah kapal selam kelima dan keenam dalam seri Project 636.3 yang dibangun di Admiralty Shipyard (bagian dari United Shipbuilding Corporation) untuk Armada Laut Hitam.

Kapal selam Rostov-on-Don, Veliky Novgorod dan Kolpino banyak melakukan serangan rudal jelajah terhadap target para militan di Suriah.

Project 636.3 adalah kapal selam diesel-listrik generasi ketiga. Memiliki kecepatan hingga 20 knot, kapal selam dapat menyelam hingga kedalaman sekitar 300 meter dan daya tahan beroperasi dilaut adalah 45 hari. Kapal selam itu memiliki awak 52 orang dan berbobot sekitar 4.000 ton.

Kapal selam Varshavyanka class dipersenjatai dengan rudal jelajah Kalibr. Terkenal sebagai kapal selam konvensional Rusia yang paling tenang hingga dijuluki sebagai ‘Lubang Hitam’ karena kesenyapannya yang unik. Selain dilengkapi dengan rudal jelajah Kalibr, kapal selam juga dilengkapi torpedo 533 mm.

Sharing

Tinggalkan komentar