Thailand Ingin Beli Lagi Kapal Selam Tiongkok

Kapal selam Yuan class Angkatan Laut Tiongkok (foto : Chindonews)

Angkatan Laut Thailand menginginkan tambahan lagi kapal selam kedua buatan Tiongkok senilai 12 miliar baht. Sebelumnya pada tahun 2016, di bawah pemerintah militer NCPO kabinet menyetujui rencana Angkatan Laut pada tahun 2016 untuk membeli tiga kapal selam dari Tiongkok senilai 36 miliar baht. Pembelian akan tersebar selama 11 tahun, lansir Thai Tiger.

Angkatan Laut mengatakan mereka sekarang menunggu parlemen baru untuk menyetujui anggaran pemerintah tahun 2020 sebelum pembelian kapal selam kedua dapat disetujui.

Konstruksi kapal selam buatan Tiongkok pertama dimulai pada bulan September tahun 2018 dan diharapkan dapat dikirimkan ke Angkatan Laut Thailand pada tahun 2023.

Angkatan Laut telah berjuang untuk mendapatkan kapal selam dari Kabinet Thailand sebelumnya, namun baru pada pemerintah militer sejak 2014 yang mengabulkan permintaan Angkatan Laut.

Angkatan Laut Thailand mengatakan kepada Kabinet bahwa belum ada pembelian kapal selam selama 60 tahun dan Angkatan Laut Thailand membutuhkan kapal selam untuk melindungi kepentingan laut dan pesisirnya, termasuk Laut Andaman dan Teluk Thailand.

Pada tahun 2011 Angkatan Laut Thailand ingin membeli enam kapal selam bekas buatan Jerman dengan biaya 7,7 miliar baht tetapi permintaan ditolak oleh pemerintah Yingluck Shinawatra pada saat itu. Sejak itu Thailand telah membelokkan politiknya ke timur dan meningkatkan pembelian peralatan militer dari Cina.

Sharing

Tinggalkan komentar