India Optimis Thailand Importir Pertama Rudal BrahMos

Rudal BrahMos India. (@India MoD)

New Delhi – Jakartagreater.com , Thailand kemungkinan besar akan menjadi importir pertama Rudal jelajah supersonik BrahMos yang dikembangkan oleh India dan Rusia, setelah seorang pejabat diplomatik di New Delhi membenarkan bahwa India sedang dalam pembicaraan lanjutan dengan negara Asia Tenggara untuk pembelian tersebut, dirilis Sputniknews.com, 1-08-2019.

Seorang pejabat pertahanan tingkat tinggi mengatakan bahwa “sejumlah masalah krusial” perlu diselesaikan sebelum menyimpulkan kesepakatan dan “kami sedang mengatasinya secepatnya”. ‚ÄúNegosiasi sedang berlangsung. Ini mungkin tidak terjadi tahun ini, tetapi kemungkinan besar tahun depan “, sumber-sumber diplomatik mengatakan di New Delhi seperti dikutip oleh The Hindu.

Kedua pihak telah membuka diskusi mengenai pembelian Rudal yang disebut sebagai “Rudal jelajah tercepat di dunia” Desember lalu setelah kunjungan Kepala Angkatan Laut Kerajaan Thailand Laksamana Ruddit ke India dengan delegasi 9 anggota angkatan laut. Kunjungan itu dimaksudkan untuk “mengeksplorasi jalan baru untuk kerja sama Angkatan Laut”.

Pada Mei tahun ini, seorang pejabat pertahanan India mengkonfirmasi bahwa beberapa negara Asia Tenggara telah menunjukkan minat terhadap Rudal itu.

“Sejumlah negara Asia Tenggara siap membeli Rudal kami. Ini akan menjadi ekspor pertama kami dan kami telah menerima peningkatan minat terhadap Rudal dari negara-negara Teluk”, Komodor SK Iyer, Kepala General Manager untuk SDM di BrahMos Aerospace, mengatakan pada pameran IMDEX Asia 2019. Kontrak ekspor Rudal pertama sedang menunggu persetujuan pemerintah-ke-pemerintah, tambahnya.

Selama beberapa tahun terakhir, New Delhi telah berdiskusi dengan beberapa negara Asia Tenggara dan Teluk Persia lainnya mengenai penjualan BrahMos dan Kementerian Pertahanan hanya mengharapkan hasil nyata pada akhir 2019. Selain Vietnam, negara-negara seperti Malaysia, Singapura, dan Indonesia juga menunjukkan minat untuk membeli Rudal BrahMos.

Militer India telah menggunakan Rudal BrahMos di berbagai cabang layanan sebagai serangan dan senjata anti-kapal. BrahMos Aerospace saat ini sedang mengerjakan pesanan senilai $ 7 miliar oleh 3 layanan Angkatan Bersenjata India. BrahMos pertama kali diluncurkan pada tahun 2001 dan dapat dipasang di kapal, kapal selam, dan di pesawat.

Sharing

Tinggalkan komentar