Bulgaria Akan Terima F-16 Dalam Kondisi Siap Tempur Penuh

Jet F-16 berpartisipasi selama latihan tempur di Pangkalan Angkatan Udara Hill, Utah, pada 1 Mei 2019. (R. Nial Bradshaw / US Air Force)

Bulgaria akan menermia pesawat tempur F-16 Block 70 dengan kemampuan siap tempur penuh.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Pengembangan Bisnis Internasional Lockheed Martin Jim Robinson.

Pada konferensi pers, perwakilan dari Lockheed Martin dan Kedutaan Besar AS di Bulgaria memberikan rincian tentang produksi, pengiriman, kemampuan pesawat, serta manfaat bagi Bulgaria dari kemitraan strategis, seperti dilaporkan oleh Novinite.

“Model-model F-16 paling canggih akan terbang di Bulgaria,” kata Robinson, yang meyakinkan bahwa jet-jet tempur baru akan memiliki cukup senjata udara-ke-udara dan udara-ke-darat, serta interoperabilitas penuh dengan sistem NATO.

“Anda bisa mendapatkan apa pun yang Anda inginkan pada F-16,” jelasnya, menambahkan bahwa pesawat akan langsung dipersenjatai sepenuhnya pada hari pertama tiba.

Kesepakatan itu akan menelan biaya US$ 1,256 miliar, menjadikan Bulgaria negara ke-30 di dunia yang menerbangkan jet tempur F-16. Diperkirakan bahwa pesawat pertama akan siap pada bulan Desember 2022 dan dikirim segera sehingga staf teknis Angkatan Udara dapat dilatih.

Lockheed Martin merencanakan pesawat untuk memiliki masa operasi 12.000 jam terbang, tetapi membutuhkan pemeliharaan yang baik. Itu sebabnya staf teknis Angkatan Udara Bulgaria akan berangkat untuk pelatihan di AS.

Sehubungan dengan kerja sama industri, perusahaan menyatakan bahwa kendaraan udara tak berawak (drone) dapat diproduksi di Bulgaria, tetapi belum diputuskan drone jenis apa yang nantinya dimiliki Bulgaria.

Setelah mengakuisisi delapan pesawat F-16 pertama, Bulgaria dapat membeli lagi delapan F-16 lainnya, yang diharapkan dengan harga lebih rendah, karena Bulgaria sudah memiliki sebagian besar peralatan yang diperlukan.

Sementara itu, Justin Friedman, wakil kepala misi diplomatik AS di Sofia, mengatakan kesepakatan pembelian pesawat tempur baru akan memperdalam kemitraan antara Bulgaria dan Amerika Serikat.

“Bulgaria akan mengurangi ketergantungannya pada peralatan militer Rusia,” ia menekankan, memastikan bahwa pembelian F-16 akan menjamin pesawat terbaik untuk pilot Bulgaria

Sharing

Tinggalkan komentar