Iran Bersiap Latihan dengan Angkatan Laut Rusia

File:A group of Iranian Navy, from Wikimedia Commons, the free media repository.

Moskow- Jakartagreater.com, Teheran berharap bisa mengadakan latihan bersama angkatan laut Rusia pada tahun ini dan persiapan untuk manuver akan segera dimulai, ujar Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Muda Hossein Khanzadi mengatakan pada hari Senin 5-8-2019, dirilis TASS.

“Sebelumnya, kami menandatangani perjanjian (tentang latihan bersama) dengan Angkatan Bersenjata Rusia dan komando Armada Rusia. Segera persiapan dan manuver akan dimulai dan akan dilaksanakan tahun ini,” ujar Khanzadi kepada kantor berita Fars dikutip oleh AFP. Dia tidak memberikan perincian tentang tempat latihan akan diadakan.

Menurut komandan itu, “situasi di Teluk Persia benar-benar tenang,” terlepas dari kenyataan bahwa “Amerika Serikat dan Inggris dengan gertakan mereka berusaha membuat wilayah ini terlihat tidak aman dan menjadikannya begitu.”

Pada akhir Juli 2019, komandan Angkatan Laut Iran melakukan kunjungan ke Rusia. Dia mengatakan kepada kantor berita IRNA bahwa latihan Rusia-Iran akan segera diadakan di bagian utara Samudra Hindia, termasuk di Selat Hormuz.

Ketegangan meningkat di Teluk Persia dan Selat Hormuz setelah 19 Juli 2019, ketika Iran menahan tanker minyak Stena Impero yang berbendera Inggris. Menurut pasukan militer elit Iran, Korps Pengawal Revolusi Islam, kapal tanker itu ditahan karena melanggar aturan internasional.

Sharing

Tinggalkan komentar