Frigate Spanyol Mendez Nunez Kunjungi Jakarta

dok. Frigate Spanyol Mendez Nunez F-104 (@ José Luis Porta, importé par Basilio)

Jakarta  –  Jakartagreater.com, Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono diwakili oleh Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto menerima kunjungan kehormatan Komandan Kapal Angkatan Laut Spanyol, ESPS Mendez Nunez, Letnan Kolonel Antoni Gonzales Del Tanago, Selasa 27-8-2019 di Mako Koarmada I, Jakarta.

Kunjungan ini menjadi kesempatan yang baik guna meningkatkan komunikasi bilateral kedua negara untuk berbagi pandangan secara umum sebagai negara maritim. Mengenai perkembangan TNI AL, diterangkan bahwa pada pertengahan bulan Mei 2018, TNI Angkatan Laut telah mereorganisasi struktur kekuatan armada menjadi 3 komando armada yaitu Komando Armada I di Jakarta, Komando Armada II di Surabaya, dan Komando Armada III di Sorong.

Pada dasarnya tidak ada perubahan besar dalam struktur setelah menjadi Komando Armada. Namun kami akan selalu tetap menjaga keselamatan dan keamanan atas perairan kepulauan barat Indonesia, termasuk alur pelayaran kepulauan sebagai prioritas utama kami.

Untuk melaksanakan tugas secara efektif terutama pada wilayah tanggung jawab yang bersifat kompleks dan dinamis, kerja sama adalah kunci utama guna menjaga stabilitas keamanan regional maritim. Kami selalu berkomunikasi dan bekerja sama dengan stake holder dan juga negara tetangga.

Oleh karena itu, Koarmada I membentuk Tim Reaksi Cepat Koarmada I untuk mendukung upaya mengatasi pelanggaran di laut yang berdasarkan hukum nasional maupun hukum internasional yang terjadi di perairan barat Indonesia.

Tim Reaksi Cepat melaksanakan koordinasi dengan negara tetangga dalam menghadapi kasus yang sedang dihadapi dan hal ini sangat bermanfaat, hal tersebut sudah terbukti dapat menurunkan jumlah pelanggaran di perairan barat Indonesia khususnya di Selat Malaka dan Selat Singapura.

Kunjungi Lantamal III

Sebelumnya pada Senin, 26/ 08/2019, Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Lantamal III Kolonel Laut (S) Anggun Nan Tungga mewakili Danlantamal III Jakarta menerima kunjungan kehormatan kapal perang Angkatan Laut Kerajaan Spanyol ESPS Mendez Nunez F-104 di Jakarta International Container Tread (JICT) II Tanjung Priok, Jakarta

Kapal perang Angkatan Laut Kerajaan Spanyol ESP Mendeznunez F-104 merupakan kapal jenis Fragate dengan Komandan Kapal Letnan Kolonel Laut Antonio Gonzales del Tanago de Lastra.

Kapal yang memiliki panjang 146,7 meter dan lebar 18,6 meter dengan bobot 5. 800 ton (kosong) serta 6.391 ton (muatan penuh) akan bersandar di Dermaga JICT II Tanjung Priok selama tiga hari.

Dalam kegiatan penyambutan kali ini dilakukan pengalungan bunga kepada komandan Kapal ESPS Mendez Munez F-104 dilanjutkan dengan kata sambutan Danlantamal III Jakarta yang dibacakan oleh Kakuwil Lantamal III serta disuguhkan pula tarian tradisional Inadonesia yaitu tari Cenrdawasih yang berasal dari daerah Bali. (Dispen Koarmada I / TNI AL)

Sharing

Tinggalkan komentar