Cantiknya Pesawat Tempur Gripen E Brasil

Gripen E Brasil uji terbang perdana (foto : SAAB)

Gripen E Brasil uji terbang perdana (foto : SAAB)

Gripen E Brasil pertama dengan nomor registrasi 39-6001, pada Senin kemarin berhasil melakukan uji penerbangan pertamanya.

Diterbangkan dari lapangan terbang Saab di Linköping, Swedia, Gripen E Brasil melakukan berbagai manuver ringan pada ketinggian dan kecepatan berbeda.

Pesawat Gripen Brasil seri pertama ini untuk selanjutnya akan digunakan sebagai pesawat uji bersama untuk Gripen seri E terbaru.

Berbeda dengan Gripen seri lainnya, Gripen E Brasil merupakan salah satu varian terbaru dengan desain tata letak kokpit yang baru, dengan layar besar Wide Area Display (WAD), dan dua Head Down Display (HDD) kecil serta serta Head Up Display (HUD) yang juga baru.

Saab mengklaim Gripen E akan memenuhi persyaratan operasional yang dituntut pasukan Angkatan Udara untuk Swedia, Brasil dan negara pemesan lainnya di abad ke-21.

Gripen E dilengkapi dengan sistem sensor yang sangat canggih termasuk radar Active Electronically Scanned Array (AESA), penjejak infra merah (IRST), perangkat peperangan elektronik (EW) dan datalink teknologi terintegrasi.

Selain itu Gripen E dilengkapi rudal udara ke udara jarak pendek dan jarak jauh, rudal anti kapal dan bom presisi. Gripen E juga dilengkapi persenjataan standar kanon Mauser BK27 kaliber 27 mm.

Leave a Reply