Putin : Turki Boleh Membeli Su-57

Ditolak dari program pengadaan F-35 oleh Amerika Serikat, hingga kini belum diketahui jet tempur apa yang akan diakusisi oleh Turki untuk mengisi kekosongan jet tempur next-gen.

Berambisi untuk mengembangkan jet tempur siluman TF-X, namun Turki masih kesulitan dan tidak bisa mengharapkan untuk bisa diperkuat jet tempur siluman TF-X buatan dalam negeri hingga tahun 2025.

Untuk memberi solusi mengisi kesenjangan kekosongan armada tempur, Pemerintah Turki kemungkinan akan mengakusisi jet tempur buatan Rusia, Tiongkok atau Eropa.

Saat menghadiri Pameran Udara MAKS 2019 di Rusia, ada spekulasi Pemerintah Turki berencana membeli jet tempur buatan Rusia sebagai pengganti kegagalan akuisisi F-35 dari AS.

Ada yang unik saat menghadiri Pameran dirgantara MAKS 2019 di Rusia tersebut, yakni saat Presiden Putin memamerkan jet tempur siluman Su-57 kepada Presiden Turki Erdogan.

Presiden Putin pamerkan kokpit Su-57 kepada Presiden Turki Erdogan di MAKS 2019

Saat mendekati jet tempur Su-57 Presiden Turki berbincang kepada Putin. “Apakah ini Su-57? Apakah ini terbang?”, Putin menjawab: “Ya, kami akan menunjukkannya hari ini”

Erdogan kembali bertanya,”Jadi sekarang, apakah kami akan membeli yang ini (Su-57)?”, jawab Putin, “Anda bisa membeli” dan setelah itu presiden Turki tertawa.

Sebenarnya Turki telah merencanakan untuk membeli sebanyak 116 jet siluman F-35, yang akan menggantikan jet tempur F-4 Phantom II yang telah menua, dan kini selain Su-57, Turki juga bisa membeli jet tempur generasi keempat Rusia lainnya seperti Su-35 Flanker-E atau MiG-35 Fulcrum-F.

Sharing

Tinggalkan komentar