“Kapal Selam Rusia” Nyembul di Stockholm

image
Benda Asing yang diduga kapal selam memasuki peraiaran Swedia

Dalam konferensi pers pada Minggu malam, Laksamana Madya Anders Grenstad, mengatakan kemungkinan ada kekuatan asing yang melakukan “kegiatan bawah air” di sekitar lepas pantai kepulauan ibukota Swedia. Angkatan Bersenjata Swedia juga merilis foto dari benda mencurigakan yang diambil pada hari Minggu pagi. Grenstad mengatakan fotografer telah “melihat sesuatu di permukaan, dan setelah ia mengambil gambar itu, benda asing itu tenggelam lagi ke bawah.”

Grenstad tidak mennegaskan bahwa benda mencurigakan itu adalah kapal selam, namun sejumlah laporan surat kabar mengatakan bahwa benda itu kapal selam Rusia sehingga menimbulkan kewaspadaan.

Stockholm, Swedia
Stockholm, Swedia
“Informasinya adalah, Angkatan Bersenjata tidak menarik kesimpulan bahwa benda itu adalah kapal selam Rusia yang rusak,” katanya. Grenstad mengatakan tujuan operasi Swedia saat ini adalah untuk memverifikasi apakah memang ada aktivitas asing di Laut Baltik, pesisir Stockholm. Ia menolak untuk mengatakan apakah Rusia telah diidentifikasi sebagai kemungkinan pemilik benda asing itu.

Dia mengatakan tiga penampakan terpisah terlihat di dekat Stockholm – Kanholmfjärden, Nämdöfjärden dan Jungfrufjärden – dan hal itu terjadi pada hari Jumat dan Minggu. Christian Allerman, yang dua kali menjabat sebagai atase laut Swedia di Moskow, mengatakan Rusia adalah tersangka yang paling mungkin.

image

image
Kapal Perang Swedia melakukan pencarian terhadap benda asing yang sempat terlihat di laut mereka

image

image

image
Kapal Perang Swedia melakukan pencarian terhadap benda asing yang sempat terlihat di laut mereka

image

Tinggalkan komentar