Jepang Bangkit dan Perkuat Otot Militernya

File:F-35B after vertical landing, From Wikimedia Commons, the free media repository.

Tokyo, Jakartagreater.com   – Jepang bisa jadi akan membuat rekor dengan membelanjakan 5,32 triliun yen (sekitar $ 50 miliar) untuk pertahanan negara pada tahun 2020, di tengah meningkatnya ketegangan dengan negara-negara tetangganya di Asia-Pasifik, jika permintaan anggaran Kementerian Pertahanan yang telah dipublikasikan di situs webnya, disetujui, dirilis Sputniknews.com pada Sabtu 31-8-2019.

Anggaran baru akan mendanai pembelian Jet tempur, termasuk pesawat F35-B, upgrade untuk dua kapal perusak agar bisa melayani sebagai kapal induk untuk F-35Bs dan pengembangan jet tempur generasi Jepang berikutnya.

Anggaran ini juga bertujuan untuk mengatasi kemampuan pertahanan Jepang yang berkembang dalam ruang dan kegiatan yang terkait dengan dunia maya. Selain itu, Kementerian Pertahanan Jepang bermaksud untuk berinvestasi $ 38 juta dalam penelitian kemampuan gelombang elektromagnetik untuk mengganggu sistem komunikasi musuh.

Peningkatan anggaran baru menandai tahun kedelapan berturut-turut bahwa Jepang telah memperluas pengeluaran militernya. Sejak Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menjabat pada tahun 2012, Tokyo telah meningkatkan kemampuan militernya dan meningkatkan kerja sama militer dengan Amerika Serikat.

Pada hari Jumat 30-8-2019, Kementerian Pertahanan Jepang meminta kenaikan 1,2 persen pada anggarannya, dari $ 47 miliar tahun lalu, untuk tahun fiskal 2020, yang berlangsung dari April 2020 hingga Maret 2021.

Pada pertengahan Agustus 2019, Menteri Pertahanan Jepang Takeshi Iwaya berjanji untuk meningkatkan upaya pengawasan di wilayah tersebut karena kemungkinan Korea Utara akan meluncurkan lebih banyak Rudal.

Sharing

Tinggalkan komentar