Pemerintah Taiwan Bantah Beli F-16V “Downgrade”

Jet tempur F-16 Viper

Pesawat tempur F-16V senilai US$ 8 miliar yang dipesan oleh Taiwan merupakan versi downgrade dan mungkin tidak termasuk paket amunisi dan aksesori lainnya, klaim media Taiwan.

Sebelumnya Taiwan telah setuju untuk membayar sekitar US$ 110-120 juta per pesawat, jauh lebih murah dari harga bersih F-16 untuk Bulgaria yang sudah dipersenjatai. Negara Balkan itu akan mengakuisisi masing-masing jet sekitar US$ 200 juta unit, dengan nilai total kontrak 8 jet tempur F-16 menjadi US$ 1,67 miliar, lansir Defenseworld.

“Jadi yang didapat Taiwan mungkin hanya jet tempur ‘tempurung’ yang tidak siap tempur. Jet tempur Lockheed bisa jadi ‘spesifikasi yang di downgrade’,” tulis United Daily News.

Laporan itu menambahkan bahwa keseluruhan biaya kontrak bisa jauh lebih tinggi daripada jumlah yang dianggarkan dan dinegosiasikan secara resmi dengan pemasok AS. Taiwan dapat membeli suku cadang dan aksesori dari AS dengan cara “terpisah, sedikit demi sedikit” untuk meminimalkan kritik terhadap pengeluaran uang pembayar pajak.

Sebagai tanggapan, Kementerian Pertahanan Taiwan menekankan bahwa senjata dan rudal untuk armada F-16 yang ada akan kompatibel dengan F-16V baru yang menampilkan sistem radar AESA, tautan data, dan avionik canggih.

Kementerian menambahkan bahwa selain 66 jet tempur, kesepakatan itu akan mencakup 75 mesin GE Aviation F110, data link, 75 radar AESA APG-83 Northrop Grumman, perlengkapan peperangan elektronik, peralatan dan pelatihan serta layanan lain yang terkait dengan pembelian.

Sharing

Tinggalkan komentar